Sawo Bludru Bantu Cegah Anemia

MERAPI-SULISTYANTO Sawo bludru sering disebut juga sawo duren.
MERAPI-SULISTYANTO
Sawo bludru sering disebut juga sawo duren.

IKHTIAR meraih atau mewujudkan sehat bisa menerapkan beragam cara. Satu di antaranya menggunakan bahan-bahan berkhasiat. Tak jarang ketika bersemangat mewujudkannya seperti bisa rutin atau teratur memanfaatkan herbal, maka akan diperoleh kesembuhan.

Menurut kru kuliner Ndeso di kawasan Mlati Sleman, Theranda, sawo bludru sering disebut juga sawo duren juga memiliki manfaat kesehatan. Salah satunya dapat membantu mencegah dan melawan anemia. Pasalnya, sawo bludru mengandung zat besi cukup tinggi. Manfaat kesehatan lainnya, seperti berkhasiat membantu mengatasi peradangan pada mulut. Salah satu alasannya, karena buah ini secara aktif dengan kandungan nutrisinya yang cukup tinggi dapat membantu menyembuhkan peradangan pada mulut.

“Vitamin yang terdapat di daging sawo bludru juga bagus untuk kesehatan, misalnya vitamin A dapat menjaga kesehatan mata,” tandas Nanda, panggilan akrab Theranda.

Ada lagi kandungan kalsium yang cukup untuk kesehatan dan kekuatan tulang. Bahkan diyakini membantu mencegah penyakit osteoporosis atau pengeroposan pada tulang. Selain itu karena sawo bludru

MERAPI-SULISTANTO Theranda (Nanda)
MERAPI-SULISTANTO
Theranda (Nanda)

Hal itu karena buah ini punya kandungan gizi yang baik untuk mencegah timbulnya infeksi. Artinya juga tubuh akan menjadi lebih kuat dalam melawan serangan infeksi.

Tak ketinggalan, daging buah sawo duren bisa bermanfaat untuk mengobati penyakit disentri. Caranya cukup mengkonsumsilah buah ini dengan teratur. Salah satu faktornya, karena buah ini mengandung nutrisi yang alami sehingga tak perlu khawatir untuk efek sampingya meski rutin dikonsumsi. Hanya saja keluarnya buah sawo duren dari tanaman, umumnya musiman.

“Karena mempunyai banyak manfaat kesehatan ada baiknya keberadaan sawo bludru penting dilestarikan, jangan sampai punah. Perbanyakkan tanaman antara lain dengan biji buah, okulasi dan cangkok,” imbuhnya. (Yan)

 

 

Pin It on Pinterest

Read previous post:
DISDIKPORA TERIMA RELAWAN MENGAJAR – Ribuan GTT Mogok Tuntut Diangkat PNS

WONOSARI (MERAPI) – Ribuan guru honorer di Kabupaten Gunungkidul menggelar aksi mogok mengajar serentak selama lebih dari 2 Minggu, mulai

Close