Sirsak Cegah Radang Gusi

SERANGAN radang gusi dapat dicegah dengan beberapa cara, misalnya rajin menggosok gigi secara benar. Tak kalah penting rutin mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C, karena berkhasiat sebagai anti oksidan serta meningkatkan kekebalan tubuh dari aneka keluhan kesehatan termasuk radang gusi. Sumber vitamin C alami banyak terdapat pada buah-buahan segar seperti sirsak, kiwi, jambu biji, jeruk, tomat dan mangga.

Selain itu juga penting rutin mengonsumsi sayuran yang banyak mengandung vitamin C, misalnya sayur brokoli. Menurut sejumlah penelitian, brokoli dapat mencegah terjadinya infeksi termasuk infeksi kuman penyebab radang gusi dan mempercepat penyembuhan luka. Pemanfaatan brokoli, misalnya dibuat menjadi bahan sayur sup.

Adapun gejala peradangan gusi, ada dua macam yaitu gejala primer dan gejala sekunder. Gejala primer ditandai dengan terjadinya pembengkakan pada gusi. Akibatnya kepala terasa pusing dan demam. Sedangkan gejala sekunder ditandai dengan rasa sakit jika gusi disentuh atau terkena sikat gigi. (Yan)

Read previous post:
LAWAN MADURA FC MUNDUR SEHARI – Pemain PSIM Diminta Fokus di Laga Terakhir

  YOGYA (MERAPI) - Meski masih menyisakan satu laga pada kompetisi Liga 2 Grup Timur menghadapi Madura FC, kabar kepindahan

Close