Labu Jepang Lawan Anemia

KABOCHA atau sering disebut labu Jepang mempunyai beberapa manfaat kesehatan, sehingga layak untuk rutin dikonsumsi. Dalam Bahasa Jepang, kabocha memiliki arti sebagai labu dengan mencakup seluruh jenis labu yang tumbuh pada saat musim panas. Masyarakat di Indonesia biasa memanfaatkan atau mengonsumsi kabocha antara lain dengan dibuat menjadi kolak, campuran es buah sampai menjadi bahan membuat kue. Rasanya yang enak dan manis mampu meningkatkan selera makan, baik anak-anak sampai lansia. Dalam labu ini antara lain mengandung aneka vitamin sampai mineral.

Manfaat kesehatannya, seperti membantu melawan anemia. Pasalnya dengan mengkonsumsi kabocha atau labu Jepang secara teratur sebagai menu sehari-hari. Salah satu alasannya, karena kandungan zat besinya mampu membentuk hemoglobin dan sel darah merah di dalam tubuh. Tak ketinggalan, kabocha ikut membantu menjaga kesehatan mata, sebab memiliki kandungan vitamin A cukup tinggi.

Sedangkan kandungan vitamin C dalam kabocha antara bagus untuk menjaga serta mencerahkan kulit. Bahkan dengan rutin mengkonsumsi labu Jepang bisa menjaga kesehatan tulang ataupun mencegah osteoporosis (tulang rapuh), sebab labu ini memiliki banyak kandungan kalsium. Lalu kandungan seratnya yang tinggi antara lain dapat membantu mencegah serangan sembelit. Sedangkan kandungan vitamin E dalam labu Jepang sangat bermanfaatan sebagai antioksidan maupun membangun massa tulang. Sehingga sudah selayaknya bahan ini dapat rutin dikonsumsi sehari-hari, asal tak berlebihan. Antara lain dicampurkan pada minuman es, sebagai bahan membuat kue sampai dibuat kolak.

Sedangkan jenis labu siam dipercaya ikut membantu mengatasi dan mencegah darah tinggi. Bahkan mempunyai kandungan antioksidan cukup tinggi, antara lain mampu membantu melawan dan membersihkan radikal bebas yang menjadi penyebab penyakit kanker. Selain itu labu siam juga sebagai rival perut kembung, karena dalam labu siam ada kandungan zat diuretik yang bermanfaat mengobati gangguan kesehatan pada perut. Bahkan kandungan antioksidannya, dapat membantu melawan dan membersihkan radikal bebas yang menjadi pemicu datangnya penyakit kanker. (Yan)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Kangkung Rival Sembelit dan Mual

BERAGAM kiat dapat diterapkan untuk meraih sehat secara aman dan murah. Satu di antaranya memanfaatkan bahan-bahan alami berkhasiat di sekitar.

Close