Bugenvil Bantu Atasi Keputihan

MERAPI-SULISTYANTO Tanaman bugenvil dengan tampilan khas, bagian bunganya berkhasiat.
MERAPI-SULISTYANTO
Tanaman bugenvil dengan tampilan khas, bagian bunganya berkhasiat.

TANAMAN bugenvil mempunyai nama ilmiah Bougainvillea glabra Choisy. Selain biasa dimanfaatkan sebagai tanaman hias maupun bonsai, beberapa bagian dari tanaman ini terutama bunganya diyakini mempunyai khasiat kesehatan. Baik digunakan secara tunggal maupun dikombinasi dengan bahan berkhasiat lain.

Jika digunakan untuk membantu mengatasi keluhan kesehatan pada kaum wanita, misalnya keputihan, yaitu menggunakan 15 gram bunga bugenvil yang dicuci sampai bersih. Setelah itu direbus dengan dua gelas air sampai tersisa satu gelas. Selanjutnya disaring air rebusan tersebut, lalu hasilnya diminum sekaligus, yakni satu gelas sehari. Lain halnya jika sakit waktu haid, yakni bisa menggunakan 15 gram bunga bugenvil dipadu 15 gram bunga mawar dan 70 gram daun lidah buaya yang telah dikupas kulitnya dan diambil bagian dalamnya (mirip jeli). Ketiga bahan ini setelah dicuci bersih lalu direbus dengan dua gelas air sampai tersisa satu gelas dan segera disaring. Air hasil rebusan setelah disaring diminum dua kali sehari, masing-masing setengah gelas.

Sedangkan untuk menggempur bisul, bisa menerapkan cara sederhana serta alami, yakni dengan mencuci bersih bunga bugenvil serta daun cocor bebek (secukupnya). Kedua bahan alami ini ditumbuk halus dan hasilnya ditempelkan pada bisul. Sehari dapat diganti dua kali, semoga segera bisa segera sembuh dari serangan bisul. Selain itu juga dapat sebagai rival keputihan serta nyeri haid. Caranya, 15 gram bunga bugenvil dicuci sampai bersih lalu direbus dengan dua gelas air sampai tersisa satu gelas. Selanjutnya disaring dan air rebusannya diminum sekaligus, cukup satu gelas dalam sehari.

Sebagai ramuan untuk membantu mengatasi gatal-gatal serta biang keringat, yakni menggunakan bunga kertas, daun sirih dan lidah buaya yang sudah dikupas, masing-masing secukupnya. Semua bahan ini direbus sampai mengental lalu dinginkan. Selanjutnya dapat rutin dioleskan pada bagian badan yang terserang biang keringat maupun gatal-gatal. Jika dilakukan secara teratur, semoga bisa segera dirasakan hasilnya. Sedangkan untuk keluhan hepatitis, yakni menggunakan 15 gram bagian batang bugenvil yang sudah dicuci sampai bersih. Setelah itu direbus dengan dua gelas air sampai tersisa satu gelas. Selanjutnya disaring, dan air perebusan/penyaringan lalu diminum saat masih dalam keadaan hangat, yakni sebanyak satu gelas sehari. (Yan)

 

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Hindari Nyeri Sendi dengan Ceker

TANAMAN maupun satwa pendukung kesehatan manusia cukup beragam jenisnya. Bagian yang dimanfaatkan biasa mempunyai beberapa ciri khas, seperti dari penampilan

Close