Terung Bantu Turunkan Kolesterol Jahat

MERAPI-SULISTYANTO Terung dapat diolah menjadi aneka masakan dan mendukung kesehatan badan.
MERAPI-SULISTYANTO
Terung dapat diolah menjadi aneka masakan dan mendukung kesehatan badan.

PEMANFAATAN bagian dari tanaman sayur untuk mendukung kesehatan badan sudah banyak dilakukan berbagai kalangan. Apalagi beberapa jenis sayur diyakini memiliki gizi tinggi dan mampu mendukung kesehatan secara alami. Ketika memilih beberapa jenis sayuran berkhasiat untuk rutin dikonsumsi, diharapkan termasuk usaha ataupun jurus dapat mewujudkan sehat sepanjang hayat.

Menurut pengelola rumah makan Padang Terung Balado di kawasan Jalan Godean Sleman, Loredo Dimas, sayur jenis terung pun mempunyai nilai gizi serta mampu mendukung kesehatan badan. Cara pemanfaatannya juga beragam antara lain dengan dibuat sayuran, baik tunggal atau dikombinasi bahan lain. Bisa juga dibuat menjadi masakan terung balado yang disenangi berbagai kalangan.

“Terung termasuk bahan makanan yang mempunyai kandungan serat cukup tinggi sehingga dapat digunakan sebagai usaha membantu menjaga atau memelihara kesehatan saluran pencernaan,” jelas Loredo yang akrab disapa Ebo.

Dengan rutin mengkonsumsi olahan terung diharapkan juga menjaga tekanan darah tetap stabil, tak tinggi ataupun rendah. Bahkan di dalam terung ada kandungan anti oksidan, anti mikroba dan anti virus. Tak ketinggala memiliki kemampuan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

MERAPI-SULISTYANTO Loredo Dimas.
MERAPI-SULISTYANTO
Loredo Dimas.

Dengan rutin mengkonsumsi terung, terlebih jenis terung ungu dipercaya juga dapat membantu melawan sakit pinggang, pinggang kaku, encok, cacar air, ketergantungan pada alkohol dan mengatasi bekas luka bakar. Pasalnya, terung mengandung senyawa dan zat berupa striknin, skoparon, skopolamin dan skopoletin. Selain itu kandungan tripsin dalam terung juga bisa membantu menghambat dan melawan serangan zat yang menyebabkan kanker.

“Sayuran yang mengandung banyak klorofil atau zat hijau daun, misalnya olahan daun singkong, pepaya dan bayam juga diyakini mempunyai banyak manfaat kesehatan. Bahkan bisa juga rutin minum-minuman berbahan alami antara lain perpaduan bawang putih, jeruk nipis dan jahe. Ini juga bagus untuk kesehatan saluran pencernaan,” imbuhnya. (Yan)

 

 

Read previous post:
Roda Kehidupan Berputar

HUBUNGAN yang tak sewajarnya antara Bu Barjo dengan Oom Joko berlanjut hingga berbulan-bulan. Warga sebenarnya risih dengan yang terjadi di

Close