Pegagan dan Kelor Sembuhkan Luka

MERAPI-SULISTYANTO Minuman berbahan daun pegagan dan kelor menyehatkan, sehingga banyak diminati konsumen.
MERAPI-SULISTYANTO
Minuman berbahan daun pegagan dan kelor menyehatkan, sehingga banyak diminati konsumen.

BERBAGAI jenis herbal cukup populer di masyarakat, apalagi dapat diolah menjadi minuman maupun makanan dengan rasa lezat. Ketika rutin dikonsumsi pun tetap aman, sebab bersifat alami, tanpa ditambah pemanis, pewarna maupun pengawet sintetis.

Satu di antaranya minuman berbahan baku daun pegagan dikombinasi kelor menjadi mirip cincau. Warnanya juga hijau lalu dapat disantap bersama santan, es serta larutan gula merah/aren. Bahan-bahan ini ketika saling dipadukan bisa menjadi minuman segar, enak, bergizi dan memiliki khasiat kesehatan. Manfaat atau khasiat dari semua bahan pendukung tersebut dapat dirinci satu per satu.

“Minuman seperti ini diyakini termasuk jenis minuman kesehatan sehingga banyak peminatnya, mulai dari anak-anak sampai lansia. Ketika ada yang meminta tanpa diberi larutan gula, es maupun santan, bisa juga,” ungkap penunggu lapak minuman kesehatan berbahan pegagan dan kelor di kawasan Purworejo Pakem Sleman, Novi kepada Merapi, baru-baru ini.

Adanya bahan baku daun pegagan antara lain dipercaya dapat membantu mempercepat sembuhnya luka. Bahkan bisa memembantu terapi sebagai peluruh kencing, anti rematik, penenang, menambah daya ingat, mencegah kanker, liver dan asam urat. Cara pemanfaatan lainnya selain dipadu kelor menjadi minuman cao yang menyehatkan, bisa juga dikonsumsi masih segar atau sebagai lalaban. Bahkan dapat diproses menjadi wujud kering maupun dibuat menjadi bubuk (serbuk).

Sedangkan manfaat kesehatan daun kelor antara lain, membantu menjaga sistim pencernaan serta meningkatkan fungsi ekskresi. Artinya juga ketika rutin memakan maupun minuman olahan daun kelor diharapkan dapat membantu fungsi ginjal dan hati. Pasalnya, tubuh bisa lebih bugar dan sehat jika fungsi pembuangan limbah lewat ginjal bisa berjalan normal.

Dengan mengkonsumsi rutin daun kelor, diyakini juga membantu menyehatkan rambut, misalnya tak mudah rontok dan bersih mengkilap. Selain itu, daun kelor berkhasiat sebagai pelancar air susu ibu, mencegah sakit jantung serta kanker.

“Daun kelor banyak juga mengandung vitamin A, C, protein, kalsium dan potasium,” tegasnya. (Yan)

 

Pin It on Pinterest

Read previous post:
MERAPI-SAMENTO SIHONO Kapolres Sleman AKBP Firman Lukmanul Hakim saat bernegosiasi dengan pemuda di sela sweeping pelaku pensukan.
KASUS PENGANIAYAAN BERUJUNG SWEPING-Korban Penusukan Menghilang

DEPOK (MERAPI)- Polisi masih menyelidiki kasus penusukan mahasiswa di sebuah kafe di Jalan Perumnas Seturan, Caturtunggal, Depok, Sleman. Kasus itu

Close