Sop Kurangi Timbunan Lemak dan Redam Flu

MERAPI-SULISTYANTO Sayuran dan daging pada masakan sop ayam memiliki khasiat kesehatan.
MERAPI-SULISTYANTO
Sayuran dan daging pada masakan sop ayam memiliki khasiat kesehatan.

INDONESIA dikenal sebagai negara yang kaya aneka tanaman berkhasiat obat. Sebagian dapat diracik menjadi makanan maupun minuman yang bermanfaat bagi kesehatan, artinya juga dapat menjadi bagian dari jurus menuju sehat sepanjang hayat. Minuman berbahan asam dan kunir serta masakan wujud sop ayam diyakini sebagai asupan menyehatkan.

Pemilik lokasi kuliner Tempo Dulu di kawasan Jalan Godean Sleman, Dwi Widiningsih, mengatakan masakan sop ayam dengan bahan terdiri dari beberapa jenis sayur serta daging ayam banyak diyakini memiliki gizi tinggi. Selain itu bermanfaat bagi kesehatan, baik sebagai usaha pencegahan maupun melawan gangguan kesehatan. Sehingga bisa rutin dikonsumsi guna mendukung kesehatan mulai dari anak-anak sampai lansia. “Daging untuk sop ayam bisa menggunakan ayam kampung ataupun ayam potong,” paparnya.

Dengan rutin menyantap masakan sop ayam diharapkan bisa membantu proses penurunan berat badan atau diet, karena sup ayam membantu mengurangi timbunan lemak yang ada di perut. Semakin ideal lagi jika daging ayam yang dipilih jenis ayam kampung, meski harganya biasa lebih mahal dibanding ayam potong atau broiler.

Selain itu bagi siapa saja yang baru atau masih dalam proses pemulihan setelah sakit, banyak dianjurkan juga untuk bisa rutin mengkonsumsi sop ayam. Pasalnya, sop ayam termasuk makanan yang bisa membantu menghangat badan, memperlancar aliran darah serta gampang dicerna lambung. Bahkan diyakini juga dapat membantu mempercepat penyembuhan serangan flu. Pasalnya, masakan ini antara lain mengandung asam amino yang bisa membantu mengeluarkan lendir atau melakukan penipisan pada lendir bagi yang terkena flu, sehingga bisa mempercepat proses penyembuhan flu.

MERAPI-SULISTYANTO Dwi Widiningsih.
MERAPI-SULISTYANTO
Dwi Widiningsih.

“Aneka jenis sayuran yang digunakan dalam sop ayam di tempat kami antara lain ada brokoli, wortel, seledri, loncang, bunga kol dan tomat. Semua mempunyai kandungan gizi tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan. Selain itu masih menggunakan beragam bumbu atau rempah-rempah berkhasiat seperti bawang merah, bawang putih, lada, cabe, laos dan daun jeruk,” jelas Dwi. (Yan)

 

 

Read previous post:
Berbahan Asam Atasi Gangguan Pencernaan

ASAM Jawa banyak dimanfaatkan sebagai pendukung bumbu masak. Selain itu biasa diproses menjadi minuman segar dan menyehatkan, misalnya cukup dipadu

Close