Kacang Panjang Rival Sembelit

MERAPI-SULISTYANTO Kacang panjang dapat dijadikan musuh gangguan kesehatan.
MERAPI-SULISTYANTO
Kacang panjang dapat dijadikan musuh gangguan kesehatan.

JENIS kacang-kacangan sudah banyak dibudidayakan serta dikenal masyarakat luas. Satu di antaranya kacang panjang yang banyak ditemukan terlebih di pasar-pasar maupun tempat para penjual sayur. Selain cocok sebagai lalapan atau dimakan mentah, dapat juga diolah menjadi aneka masakan serta pendukung pecel. Harga jenis kacang ini pun terjangkau berbagai kalangan.

Manfaat kesehatannya antara lain diyakini bisa membantu menggempur batu ginjal, yakni dengan menggunakan 200 gram kacang panjang dan 200 gram asparagus. Bahan-bahan ini diblender dengan air secukupnya sampai tertampung 200 cc. Lalu direbus sampai mendidih dan airnya diminum dalam keadaan masih hangat. Jika sebagai musuh atau rival sembelit (sulit buang air besar), caranya dengan memanfaatkan 200 gram kacang panjang serta 100 gram daun ubi jalar. Setelah itu dimasak sesuai selera dan dimakan secara teratur.

Jika dikonsumsi dengan campuran bahan atau sayuran lain, misalnya buncis, brokoli dan wortel diyakini sebagai anti kanker. Masing-masing bahan secukupnya dimasak menjadi tumis dengan ditambah bumbu-bumbu sampai matang. Masakan seperti ini dikonsumsi secara rutin atau teratur. Selain itu kacang panjang juga dapat sebagai peluruh kencing. Caranya cukup mengambil 150 gram seluruh bagian tumbuhan kacang panjang dan 30 gram kulit semangka. Caranya cukup dengan merebus 600 cc air hingga tersisa 200 cc. Disaring airnya dan diminum. Jika sakit pinggang menggunakan 200 gram biji kacang panjang, 20 gram jahe merah serta 25 gram kencur. Direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc. Lalu disaring airnya dan diminum.

Jenis kacang lain, yakni kacang kapri juga bagus untuk kesehatan, antara lain kandungan seratnya tak hanya dapat membantu untuk mengontrol kadar kolesterol dan glukosa darah, namun juga dapat membantu memberikan rasa kenyang, sehingga cocok juga rutin dikonsumsi yang sedang menjalani program diet menurunkan maupun menjaga berat badan.

Kandungan vitamin B-nya meski dalam jumlah sedang dapat membantu dalam memecah protein, karbohidrat, dan lemak menjadi energi. Selain itu, vitamin B juga dapat membantu fungsi saraf dan meningkatkan produksi sel darah merah, sehingga bisa membantu mencegah serangan anemia.

Selain itu kacang kapri termasuk sumber asam folat yang sangat baik. Asam folat sendiri merupakan salah satu kelompok vitamin B kompleks, yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi DNA hingga membentuk sel darah merah. Beberapa studi menunjukkan bahwa makanan yang kaya akan folat sangat bermanfaat bagi ibu hamil untuk mencegah terjadinya cacat pada kelahiran bayi. (Yan)

 

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Gelombang Tinggi, Nelayan Libur

BANTUL (MERAPI) - Nelayan di sepanjang pantai selatan Kabupaten Bantul, belum berani melaut untuk mencari ikan, karena gelombang tinggi masih

Close