Alang-alang Sebagai Peluruh Air Seni

MERAPI-SULISTYANTO Minuman kesehatan dengan tambahan akar alang-alang dan sejumlah rempah alami.
MERAPI-SULISTYANTO
Minuman kesehatan dengan tambahan akar alang-alang dan sejumlah rempah alami.

MESKI rumput sering dianggap tanaman gulma, namun ada sejumlah jenis rumput diyakini mampu membantu mencegah serta melawan gangguan kesehatan. Satu di antaranya jenis rumput alang-alang sering dianggap sebagai pengganggu tanaman maupun gulma. Meski demikian pemilik nama ilmiah Imperata cylindrica (L) ini mempunyai sejumlah khasiat kesehatan.

Cara pemanfaatannya, terutama dengan menggunakan bagian akar maupun rimpang alang-alang. Ramuan dari akar alang-alang antara lain untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Selain itu meredakan rasa nyeri maupun peluruh air seni. Penggunaannya bisa secara tunggal dan sederhana seperti cukup merebus akar serta rimpang alang-alang yang sudah kering. Hasilnya disaring dan diminum tiga kali, pagi, siang dan sore hari.

Bahan alami ini dapat juga dipadu pegagan kering maupun bahan berkhasiat lain. Bahan-bahan dirajang sampai hasil akhirnya menjadi wujud teh, sehingga tinggal menyeduh dengan air panas setiap akan diminum. Sedangkan khasiat penting lainnya seperti membantu mengatasi kram otot dan sering kesemutan. Artinya, bermanfaat dalam terapi gangguan syaraf serta ikut memperlancar peredaran darah. Lain halnya jika teh seduh berbahan sidaguri, tapak liman dan daun dewa. Khasiatnya seperti membantu menggempur asam urat, pegal-linu dan reumatik. Beberapa jenis minuman segar pun cocok diberi akar alang-alang.

Sedangkan jenis rumput lainnya bernama rumput pada suka dengan nama lain, pandan jambi dan lidah naga juga diyakini memiliki manfaat kesehatan. Sosok tanamannya tampak sederhana, namun diyakini mempunyai banyak manfaat maupun khasiat bagi kesehatan. Satu di antaranya untuk melawan sariawan, radang tenggorok dan batuk. Cara membuatnya, kurang lebih 25 lembar rumput pada suka dengan tangkainya 30 gram dipotong – potong kurang lebih tiga sentimeter. Lalu di tambah dua gelas air bersih dan direbus dengan panci tertutup dengan api kecil, sampai tersisa satu gelas. Selanjutnya disaring langsung diminum satu jam sebelum makan. Dosis untuk sekali minum bagi anak – anak, yakni 3 x 1/2 gelas, dewasa 3 x 1 gelas. Sebaiknya diminum, pagi, siang dan malam hari antara satu sampai tiga hari. Pantangannya, yakni makanan yang bersifat panas seperti gorengan. Selain itu tak boleh merebus dengan panci alumunium. (Yan)

 

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Objek Perburuan Ghost Hunter

WARGA negara bagian Georgia meyakini, jalan setapak itu dikuasai hantu. Pasalnya, banyak orang mengaku setiap kali melangkahkan kaki di jalan

Close