Rumput Laut Bantu Lawan Alergi

MERAPI-SULISTYANTO Rumput laut diolah menjadi lembaran tipis berwarna hijau dan dipadukan pada nasi kepal.
MERAPI-SULISTYANTO
Rumput laut diolah menjadi lembaran tipis berwarna hijau dan dipadukan pada nasi kepal.

NEGARA kita dikenal memiliki keanekaragaman hayati, baik yang tumbuh di darat maupun perairan. Sebagian bahan alami ini dapat diolah menjadi asupan menyehatkan dengan cita rasa khas dan layak dikonsumsi secara rutin.

Ikhwan Fatoni yang tinggal di kawasan Jalan Nusa Indah Kwarasan Nogotirto Sleman, mengungkapkan rumput laut pun bisa diproses menjadi asupan menyehatkan. Satu di antaranya wujud lembaran tipis warna hijau. Ia biasa menggunakan bahan alami dari rumput laut untuk mendukung kelezatan sampai nilai gizi olahan nasi kepal.

“Rumput lautnya kami beli sudah wujud tipis-tipis dengan kemasan plastik. Satu plastik berisi 50 lembar rumput laut. Harga perplastik, saat ini antara Rp 130.000 sampai Rp 150.000,” jelas Toni.

Manfaat rumput laut antara lain dapat melawan reaksi alergi dengan cara mencegah pelepasan histamin atau zat yang menyebabkan gejala alergi seperti hidung tersumbat dan mata berair. Bahan alami ini termasuk juga sebagai makanan bebas lemak dan kaya serat pangan. Kandungan serat diyakini membantu melancarkan pencernaan, membuat perut kenyang lebih lama, sehingga bisa mendukung program penurunan berat badan.

MERAPI-SULISTYANTO Ikhwan Fatoni.
MERAPI-SULISTYANTO
Ikhwan Fatoni.

Tak kalah penting, rumput laut juga diyakini dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Pasalnya, vitamin C dalam rumput laut mengandung antioksidan seperti vitamin A. Selain itu juga menjaga kekuatan tulang, gigi, gusi, kesehatan kulit. Bahkan, ikut membantu untuk penyembuhan luka dan memperkuat pembuluh darah.

“Saat dipadukan pada nasi kepal, lembaran tipis rumput laut untuk membungkus nasi dan bagian luar masih ada bungkus plastik. Bagian dalam nasi diberi lauk seperti olahan ikan tuna, ayam maupun jamur tiram. Kami pun menyediakan makanan sehat dan bergizi, tempe mendoan dengan bungkus daun pisang,” imbuh Toni. (Yan)

 

 

Read previous post:
Gerindra Konsolidasi Hadapi Pemilu 2019

KARANGANYAR (MERAPI) - Pergeseran personel di internal Partai Gerindra, diakui imbas kontestasi menuju pemilu legislatif (Pileg) dan pemilu presiden (Pilpres)

Close