Kentang Remajakan Sel-sel di Tubuh

MERAPI-SULISTYANTO Umbi kentang dapat diolah menjadi sejumlah olahan makanan serta bermanfaat bagi kesehatan.
MERAPI-SULISTYANTO
Umbi kentang dapat diolah menjadi sejumlah olahan makanan serta bermanfaat bagi kesehatan.

TANAMAN kentang termasuk jenis tanam yang memberi manfaat bagi kehidupan manusia. Terutama bagian umbi dari tanaman ini dapat diolah menjadi beberapa makanan lezat seperti kentang goreng, sop dan kentang krispi. Bahkan bisa cukup direbus lalu dijadikan campuran jenis makanan lain, misalnya gado-gado dan siomay.

Kentang diyakini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan antara lain membantu meremajakan sel-sel di tubuh, memperbaiki kerja hati, melenturkan otot dan mencukupi kebutuhan mineral dalam tubuh. Bahkan, kentang yang dibuat sop dengan campuran sejumlah sayur mampu membantu melawan gangguan lambung, ginjal dan asam urat.

Tak kalah bermanfaatnya, kentang mempunyai kandungan vitamin C yang diyakini dapat bermanfaat sebagai anti oksidan yang ampuh untuk mengusir radikal bebas dalam tubuh. Untuk bisa memperoleh manfaat vitamin C dengan maksimal, maka perlu memilih kentang berkualitas sebelum membeli. Misalnya, tak bertunas, kulitnya kencang, tak ada bercak kehijauan dan tak ada lubang pada permukaan kentang atau tak cacat.

Selain itu bagian umbi kentang juga mengandung beberapa vitamin lain seperti vitamin B6 yang berperan dalam sintesis dan metabolisme protein. Vitamin ini pun berperan dalam metabolisme energi yang berasal dari karbohidrat. Adapun kentang mentah masih segar dapat digunakan sebagai pembersih wajah. Caranya, yakni dengan menyampurkan parutan mentimun dan kentang selama sekitar 20 detik. Sebelum diparut jangan mengelupas kulit mentimun maupun kentang. Selanjutnya ditambah satu sendok teh tepung soda pembangkit kue, sebutir telur dan seperempat mangkuk air.

Lalu diblender dalam kecepatan rendah selama satu menit, sebelum mengaplikasikan cairan itu untuk membersihkan wajah dengan sebuah handuk cuci muka lembut. Selain mudah diperoleh di pasar, harga kentang pun cukup terjangkau. Mengingat ada banyak manfaat kesehatan dari umbi kentang, sudah selayaknya tak perlu ragu untuk rutin memanfaatkan atau mengkonsumsi rutin olahan berbahan kentang. (Yan)

 

Read previous post:
PERINGATAN HARGANAS XXV – Sleman Raih Juara I Anugerah Kencana

SLEMAN (MERAPI) - Berbagai prestasi yang diraih dalam program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pendidikan Keluarga (KKBPK) mengantarkan Kabupaten Sleman meraih

Close