Telur Gantikan Sel-sel rusak

MERAPI-SULISTYANTO Olahan telur ayam dapat dipadukan pada nasi goreng, sehingga menjadi masakan enak dan mendukung kesehatan badan.
MERAPI-SULISTYANTO
Olahan telur ayam dapat dipadukan pada nasi goreng, sehingga menjadi masakan enak dan mendukung kesehatan badan.

SAAT bulan Ramadan maupun mendekati Idul Fitri kebutuhan telur ayam ditengarai ada peningkatan signifikan. Cara pengolahannya cukup sederhana, sehingga cocok dijadikan menu lauk-pauk baik saat sahur maupun buka puasa. Selain itu ketika akan membuat aneka kue banyak yang memanfaatkan telur ayam.

Banyak diakui, manfaat dan khasiat telur ayam sangat diperlukan tubuh kita. Satu butir telur antara lain mengandung kalori, protein, zat besi , retinol (vitamin A), karbohidrat , vitamin E, lemak omega-3, vitamin C, vitamin D, vitamin K, beta karoten dan lecithin. Untuk telur ayam kampung banyak diyakini mempunyai keunggulan lebih dibanding telur ayam ras. Namun, seiring kemajuan teknologi, telur ayam ras pun dapat dikelola sedemikian rupa, sehingga mempunyai mutu mendekati ayam kampung murni.

Suatu penelitian bahkan ada yang menyebutkan, sebutir kuning telur mempunyai nilai kegunaan protein 100 persen dibandingkan bagian putihnya. Protein telur mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk hidup sehat. Bahkan, jumlah dan komposisi asam aminonya sangat lengkap dan berimbang, sehingga hampir seluruh bagiannya dapat digunakan untuk pertumbuhan maupun penggantian sel-sel yang rusak.

Selain itu ada literatur menjelaskan, telur mampu membantu mengatasi kelelahan dan kecapaian tubuh. Namun, tidak dapat mengatasi seluruhnya karena badan masih membutuhkan waktu untuk mengistirahatkan organ tubuh. Bahkan, dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit, mengencangkan kulit, melembabkan kulit dan mengurangi radang kulit. Pemakaiannya dapat dipadu bahan alami lain seperti mentimun, jeruk lemon dan alpukat. Untuk mengatasi kulit berminyak, cocoknya dipadu jeruk lemon. Caranya, satu putih telur ayam kampung dikocok lalu ditambah setengah sendok perasan jeruk lemon. Dioleskan pada wajah yang sudah dibersihkan dan dibiarkan selama 10 menit. Setelah itu wajah dibilas air bersih. Ditambah lagi telur dapat membantu mengatasi rambut kering serta menanggulangi kerusakan rambut. (Yan)

 

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Terung Ungu Cegah Darah Tinggi

BAHAN alami berkhasiat baik berasal dari tanaman serta satwa sebagian di antaranya diyakini memiliki khasiat kesehatan. Ketika rutin dikonsumsi berdampak

Close