Berbahan Asam Atasi Gangguan Pencernaan

MERAPI-SULISTYANTO Asam Jawa tampil khas dan memiliki manfaat kesehatan.
MERAPI-SULISTYANTO
Asam Jawa tampil khas dan memiliki manfaat kesehatan.

ASAM Jawa banyak dimanfaatkan sebagai pendukung bumbu masak. Selain itu biasa diproses menjadi minuman segar dan menyehatkan, misalnya cukup dipadu gula aren. Selain itu biasa juga dipadu dengan kunir atau kunyit sehingga menjadi minuman kesehatan bernama kunir asam. Khasiat dari kunir asam misalnya membantu mengatasi gangguan pencernaan dan meredam nyeri haid.

Bahkan bahan alami berkhasiat asam Jawa ini diyakini bisa membantu melawan batuk kering. Cara memanfaatkannya, tiga polong buah asam Jawa dipadu setengah genggam daun tanaman saga. Kedua bahan ini direbus dengan empat gelas air sampai mendidih hingga tinggal satu gelas dan disaring. Hasil dari ramuan ini cukup diminum dua kali sehari, pagi dan sore. Lain halnya jika sebagai pereda sakit perut, yakni menggunakan tiga polong buah asam Jawa dan satu potong gula aren. Cara membuat ramuannya, kedua bahan diseduh dengan satu gelas air panas, disaring dan diminum dalam keadaan hangat.

Sedangkan untuk membantu melawan asma, bahan yang digunakan dua potong kulit pohon asam Jawa dan adas pulawaras secukupnya. Cara membuat ramuan, kedua bahan tersebut direbus dengan satu liter air sampai mendidih lalu disaring. Hasilnya diminum dua kali sehari. Selain buah dan kulit pohonnya, daun asam juga berkhasiat bagi kesehatan. Satu di antaranya sebagai musuh sariawan. Cara membuat ramuannya, cukup dengan menggunakan daun asam muda satu cangkir. Masih ditambah sepotong kunyit panjang sekitar lima centimeter. Selain itu air bersih empat gelas serta gula aren. Langkah awalnya kunyit yang sudah diiris kecil-kecil direbus bersama daun asam. Lalu ditunggu sampai airnya tinggal setengah. Masih ditambah lagi gula dan hasilnya disaring. Ramuan ini diminum sehari dua kali, pagi dan sore hari. (Yan)

 

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Kurma Sebagai Anti Sembelit

BERBAGAI asupan dengan bahan alami mempunyai cita rasa khas. Bahkan diyakini juga berkhasiat bagi kesehatan, seperti untuk membantu mencegah dan

Close