Kurma Sebagai Anti Sembelit

MERAPI-SULISTYANTO Kurma dan madu banyak khasiatnya bagi kesehatan.
MERAPI-SULISTYANTO
Kurma dan madu banyak khasiatnya bagi kesehatan.

BERBAGAI asupan dengan bahan alami mempunyai cita rasa khas. Bahkan diyakini juga berkhasiat bagi kesehatan, seperti untuk membantu mencegah dan melawan gangguan kesehatan.

Menurut pelaku jual beli herbal dengan kiosnya di kawasan Sidoarum Sleman, Wakhid Umarudin, kurma dan madu banyak dicari warga, pasalnya termasuk asupan bermanfaat bagi kesehatan. Pilihan jenis kurma maupun madu cukup beragam, bahkan setiap jenisnya ada cita rasa khas tersendiri serta ikut menentukan atau berpengaruh pada harga.

“Kalau jenis kurma paling mahal masih jenis ajwah, kurma ini sering juga digunakan membantu terapi ruqyah,” ungkap Wakhid.

Kurma ajwah dikenal termasuk jenis kurma kualitas bagus, bahkan ada yang menyebut bukan kurma biasa. Ditinjau dari bentuknya tidak lebih besar dari kurma lainnya. Biasanya hanya setengah ibu jari orang dewasa serta warnanya lebih hitam. Selain itu ada juga yang menyebutnya kurma Nabi. Menurut sejumlah sumber kurma jenis tersebut di Madinah masih ada sekitar 100 pohon.

Seiring majunya teknologi, kurma dapat diproses seperti menjadi sari kurma sehingga wujudnya cair kental. Khasiatnya antara lain membantu mengatasi kurang darah, cocok dikonsumsi penderita demam berdarah dan menjaga kulit serta syaraf agar tetap sehat. Bahkan, membantu mempermudah buang air besar alias anti sembelit. Pasalnya, serat yang terdapat pada kurma berfungsi melunakan usus dan mengaktifkannya, secara alami juga mempermudah buang air besar.

MERAPI-SULISTYANTO Wakhid Umarudin.
MERAPI-SULISTYANTO
Wakhid Umarudin.

“Madu juga ada beberapa jenis, misalnya disesuaikan jenis pakan yang dikonsumsi seperti madu kaliandra, kelengkeng, randu dan multifora. Ada juga madu hutan dan madu pahit,” imbuhnya.

Asupan madu antara lain mengandung protein, asam amino, vitamin B1, B2, C, K dan E. Sehingga bisa berkhasiat sebagai antioksidan, mencegah penyakit jantung dan kanker. Bahkan madu mengandung beberapa mineral penting seperti kalsium, natrium, kalium, besi dan phosphor yang tersusun dengan kadar mendekati komposisi mineral darah manusia, sehingga bagus untuk rutin dikonsumsi. Sebagian madu dapat juga dicampur dengan royal jelly (susu lebah). Khasiat royal jelly seperti mempercepat pemulihan sel dan anti depresan. (Yan)

 

 

Pin It on Pinterest

Read previous post:
DARI KUTHAGEDHE, MATARAM ISLAM BERJAYA (2) – Kyai Pleret Melukai Penangsang

Akhirnya, Ki Ageng Pemanahan dan Sutowijaya putranya yang berhasil memenuhi sayembara yang digelar Sultam Hadiwijaya untuk membunuh Aryo Penangsang. Mereka

Close