Pala Redakan Sakit Perut

MERAPI-SULISTYANTO Tanaman pala mempunyai beberapa ciri khas.
MERAPI-SULISTYANTO
Tanaman pala mempunyai beberapa ciri khas.

NEGARA kita dikenal sangat kaya dengan beragam jenis tumbuhan-tumbuhan berkhasiat obat, sehingga bisa membantu mencegah serta mengatasi gangguan kesehatan. Satu di antaranya jenis tanaman pala yang banyak dimanfaatkan bagian buahnya.

Selain banyak dimanfaatkan untuk memasak serta memiliki khasat kesehatan, pala juga bisa diproses menjadi minyak atsiri. Manfaatnya bagi kesehatan, antara lain sebagai pereda sakit gigi. Pasalnya, zat yang terkandung dalam minyak pala membantu memerangi bakteri dalam mulut yang menyebabkan gigi berlubang. Untuk mengurangi rasa sakit pada gigi/gusi,cukup dioleskan beberapa tetes minyak pala pada gusi yang sakit sambil dipijat ringan.
Termasuk juga bisa sebagai pereda sakit perut, sebab senyawa alami yang terkandung dalam buah pala berkhasiat membantu kelancaran saluran pencernaan. Alhasil, pala juga bisa untuk membantu mengatasi masalah diare, perut kembung dan gangguan pencernaan lainnya. Jika untuk mengatasi masalah sulit tidur, cukup menuangkan sedikit pala bubuk misalnya pada segelas susu hangat, lalu rutin diminum sampai masalah ini teratasi.

Jika untuk membantu menghilangkan jerawat dan noda, yakni cukup menumbuk buah pala sampai halus lalu dicampurkan dengan susu whole milk, dan diaduk hingga berbentuk pasta. Bahan ini diaplikasikan pada bagian wajah yang bermasalah, didiamkan beberapa menit, lalu wajah dibersihkan seperti biasa.

Adapun ciri tanaman pala, misalnya tinggi tanaman bisa sampai sekitar 18 meter. Daunnya berbentuk bulat-telur atau lonjong-panjang. Bagian belakang daun berwarna biru-hijau, sedang bagian atas daun berwarna hijau-tua, berukuran 15 x 7 cm dan berbau wangi aromatis. Bunganya berwarna kuning, sebagian besar adalah bunga jantan dan sebagian lagi bunga betina. Bunga tersebut berkumpul sebagai malai yang bercagak kecil dan tidak berbulu. Sedangkan buahnya berbentuk bundar, dengan kerut menurut panjangnya buah dan terbagi dalam dua belah. Biji pala yang diperdagangkan berwarna merah, daging buah keras berwarna keputih-putihan, mengandung getah putih dan rasanya kelat, enak dimakan dengan gula atau sirup. (Yan)

 

Read previous post:
Dewan: Aktifkan Cari Sumber PAD

BANTUL (MERAPI) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bantul meminta pemerintah daerah setempat aktif mencari sumber pendapatan daerah dari

Close