Lidah Buaya Tahan Terhadap Kekeringan

MERAPI-JB SANTOSO Daun menyimpan banyak air.
MERAPI-JB SANTOSO
Daun menyimpan banyak air.

ADA kajian menunjukkan bahwa jus lidah buaya dapat membantu detoksifikasi usus. Juga menetralisasi keasaman perut, serta meringankan sembelit dan tukak lambung atau maag.
Kalau di bidang kosmetika lidah buaya digunakan secara topikal, maka dalam pengobatan lain digunakan secara oral. Misal untuk mengatasi sembelit, batuk membandel, radang tenggorokan dan menurunkan kadal kolesterol.

Cara untuk mengatasi sembelit cukup mudah, yakni dengan menyeduh potongan-potongan kecil lidah buaya menggunakan setengah gelas air matang panas, tambah satu sendok makan madu. Minum hasilnya sekaligus selagi hangat. Lakukan cara ini dua kali sehari.

Cara yang sama dapat dirujuk untuk menyembuhkan batuk membandel. Namun madunya dapat ditambah dua sendok makan sekali minum. Cara tersebut dapat dilakukan secara teratur selam sepuluh hari.

Sementara untuk meredakan radang tenggorokan, daging lidah buaya harus diblender lebih dulu sebelum diminum. Hasilnya juga ditambah dengan madu murni. Terapi dilakukan tiga kali sehari secara teratur.

Untuk menurunkan kolesterol, ambil 30 gram daging lidah buaya, 1 buah apel yang telah dikupas, kedua bahan ini lalu diblender, minum sebagai jus.

Lidah buaya juga akan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh dengan mengaktifkan makrofagus atau sel darah putih yang mematikan atau ‘memakan’ antigen, sehingga menyebabkan pelepasan zat pemacu kekebalan seperti interferon, interleukine dan factor nekrosis tumor.

Karena memang segudang manfaat dapat dipetik dari lidah buaya, tak salah bila ‘si buruk rupa’ ini digelari sebagai ‘herbal sejuta khasiat’.

Tanaman lidah buaya memiliki batang yang pendek. Batang tidak kelihatan karena tertutup oleh daun-daun yang rapat dan sebagian terbenam dalam tanah. Dari batang inilah akan muncul tunas-tunas yang selanjutnya akan menjadi anakan dan tumbuh menjadi tanaman baru.

Daun lidah buaya berbentuk pika dengan helaian daun yang memanjang. Daunnya berdaging tebal, berwarna hijau keabu-abuan bersifat sukulen (banyak mengandung air), banyak mengandung getah atau lendir (gel) dan rasanya pahit, biasanya digunakan dalam bahan baku obat-obatan.

Tanaman lidah buaya tahan terhadap kekeringan karena di dalam daun banyak tersimpan cadangan air yang dapat dimanfaatkan pada waktu kekurangan air. Bentuk daunnya menyerupai pedang dengan ujung meruncing. Permukaan daun dilapisi lilin, dengan duri lemas di pinggirnya.

Bunga lidah buaya berwarna kuning atau kemerahan berupa pipa yang mengumpul dan keluar dari ketiak daun. Bunganya berukuran kecil, tersusun dalam rangkaian berbentuk tandan dan panjangnya bisa mencapai 1 meter. Akar lidah buaya berupa akar serabut yang pendek dan berada di permukaan tanah.

Pada zaman modern saat ini, banyak masyarakat yang sering heboh dalam masalah penampilan terutama bagi kalangan remaja. Banyak diantara mereka yang bermasalah mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki. Pada umumnya mereka remaja putri yang sangat memperhatikan penampilannya, sering kali merasa kurang nyaman apabila salah satu bagian tubuh mereka ada yang kurang, misalnya: rambut, wajah, kulit, kuku, dll. Sehingga tak jarang pula remaja ini pergi ke salon untuk perawatan atau hanya sekedar memanjakan diri.

Salah satu masalah yang sering kita temui adalah masalah pada rambut. Rambut kita sering mengalami kerusakan seperti rontok, ketombean, berminyak, kering dan masih banyak lagi. Diantara banyak masalah pada rambut, yang paling sering dialami oleh orang-orang adalah kerontokan pada rambut. Hal ini bisa disebabkan karena penggunaan shampo yang kurang tepat bagi kita atau bisa juga karena kita sedang stres. (JB Santoso)

 

Read previous post:
ANTISIPASI GANGGUAN KETERTIBAN UMUM – Pemkab Minta Semua Masyarakat Tingkatkan Kesiapsiagaan

SLEMAN (MERAPI) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman meminta kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam mengantisipasi gangguan ketertiban umum dan

Close