Daging Ayam Tingkatkan Imunitas Tubuh

MERAPI-SULISTYANTO Olahan daging dan telur ayam mendukung kesehatan tubuh.
MERAPI-SULISTYANTO
Olahan daging dan telur ayam mendukung kesehatan tubuh.

TINGKAT konsumsi daging maupun telur ayam pada saat cukup tinggi. Aneka olahan bahan bergizi ini cocok dijadikan menu lauk-pauk baik saat sahur maupun buka puasa. Bahkan diyakini juga mempunyai banyak manfaat kesehatan.

Daging ayam diyakini kaya kandungan protein tinggi, vitamin dan mineral. Kandungan mineral yang dimiliki daging ayam antara lain bermanfaat bagi peningkatan sistem imunitas tubuh. Suatu hal wajar ketika sedang sakit atau kesehatan tubuh sedang terganggu, lebih sering dianjurkan rutin mengkonsumsi sup ayam agar kekebalan tubuh kembali meningkat.

Sedangkan kandungan protein pada daging ayam dapat membantu meningkatkan kekuatan otot dan tulang manusia. Maka tak heran jika banyak atlit yang ingin membentuk otot banyak disarankan untuk mengkonsumsi daging ayam yang direbus. Tak ketinggalan, daging ayam yang mengandung kalsium dan fosfor cukup penting bagi pertumbuhan tulang sehingga dibutuhkan pada masa pertumbuhan anak.

Sedangkan kandungan vitamin B5 pada daging ayam akan menjaga tubuh untuk tetap tenang dan menurunkan kadar emosional negatif yang bisa memicu stress. Selain itu syaraf yang dimiliki manusia akan lebih rileks ketika mengkonsumsi daging ayam. Lalu kandungan zat besinya yang cukup tinggi diyakini mampu membantu mencegah risiko terkena penyakit anemia. Bagi wanita yang sedang mengalami siklus bulanan atau datang bulan, banyak dianjurkan juga rutin mengkonsumsi daging ayam karena dapat menjaga stok darah yang cukup akibat peluruhan darah ketika haid.

Tak kalah penting, menurut sejumlah penelitian daging ayam juga mengandung niacin, yakni berfungsi untuk menurunkan jumlah kolesterol. Hanya saja mengkonsumsinya dalam jumlah tertentu sehingga aman bagi penderita kolesterol. Cara memasaknya pun dianjurkan model direbus saja.

Lain halnya dengan sebutir kuning telur mempunyai nilai kegunaan protein 100 persen dibandingkan bagian putihnya. Protein telur mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk hidup sehat. Bahkan, jumlah dan komposisi asam aminonya sangat lengkap dan berimbang, sehingga hampir seluruh bagiannya dapat digunakan untuk pertumbuhan maupun penggantian sel-sel yang rusak. (Yan)

 

Read previous post:
Jus Jambu Biji Musuh Diare

ANEKA jenis olahan sayur serta buah mampu membantu menjaga kesehatan badan tanpa perlu biaya mahal. Menurut salah satu kru lokasi

Close