Kangkung Bantu Redam Sakit Kepala

Olahan kangkung disantap bersama sambal memiliki manfaat kesehatan
Olahan kangkung disantap bersama sambal memiliki manfaat kesehatan

PEMANFAATAN aneka buah serta sayur termasuk bagian dari resep sederhana untuk mendukung kesehatan. Ketika tanpa tambahan bahan-bahan kimia diyakini juga lebih aman meski rutin dikonsumsi dalam jangka waktu panjang.

Pemilik warung ayam kremes Bu Lisa di kawasan Jalan Tata Bumi Sleman, Hana Lisa mengungkapkan, beberapa jenis sayur baik telah dimasak maupun dibuat lalaban dapat mendukung kesehatan badan. Ketika dimasak, tahap pengolahannya pun tak rumit. Satu di antaranya sayur jenis kangkung, antara lain dapat diolah menjadi ca kangkung dan plencing kangkung.

“Jika dibuat masakan plencing kangkung lebih lezat kalau dimakan bersama sambal mentah. Sambalnya terbuat dari campuran bahan seperti tomat, bawang merah, bawang putih dan lombok. Semua bahan ini termasuk bahan alami menyehatkan,” tandanya.

Kangkung diyakini mempunyai kandungan gizi cukup tinggi, antara lain zat besi, protein, kalsium, fosfor dan karoten. Manfaatnya bagi kesehatan, misalnya bersifat sebagai anti racun, anti radang serta peluruh kencing. Selain itu dapat membantu meredam sakit kepala, menghentikan perdarahan serta sedatif atau obat tidur alami alias sebagai musuh insomnia. Bahkan, besifat menyejukkan dan menenangkan.

Cara pemanfaatan lain sebagai peredam sakit kepala, yaitu bisa menggunakan  segenggam daun kangkung. Setelah dicuci bersih lalu ditumbuk halus dan diberi sedikit garam dan air secukupnya. Lalu disaring, diberi madu dan diminum satu kali dalam sehari. Cara kedua, seikat daun dan batang kangkung segar direbus. Airnya disaring dan diminum, sedangkan kangkungnya dapat disantap, dengan ditambah sambal.

“Sayur brokoli, misalnya dibuat menjadi ca brokoli juga banyak manfaatnya bagi kesehatan,” terang Bu Lisa.

Sayur brokoli dipercaya dapat membantu mencegah/mengatasi kerusakan sel-sel yang memicu terjadinya penyakit paru-paru. Termasuk juga mencegah penyakit pada organ hati dan mencegah perkembangan tumor. Tak ketinggalan banyak mengandung vitamin dan mineral, seperti beta-karoten, vitamin A, C, B, zat besi, seng dan asam folat. (Yan)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Cakar ayam punya tampilan khas dan berkhasiat
Cakar Ayam Bantu Gempur Asma

TAK sedikit jenis makanan maupun minuman alami dapat mendukung kesehatan. Ketika bisa memilih, memilah sampai mengkombinasikan termasuk ikhtiar mewujudkan sehat dan

Close