Sawo Mentega Cegah Diare dan Kanker

Buah dan daun sawo mentega memiliki khasiat obat alami
Buah dan daun sawo mentega memiliki khasiat obat alami

BAHAN alami yang berasal dari tanaman berkhasiat mampu mendukung kesehatan dengan aman. Bahkan dimanfaatkan secara rutin tak menghabiskan banyak dana atau lebih ekonomis serta praktis diterapkan siapa saja.

Menurut warga Geplakan Gamping Sleman, Kasi Yuliantono, beberapa jenis buah-buahan juga diyakini mampu membantu mewujudkan sehat secara alami, aman, ekonomis serta praktis. Bagian kulit buah ini diyakini mampu sebagai obat alami penurun panas. Lalu daging buah dan rebusan daunnya bisa mencegah serta melawan diare. Cara memanfaatkannya, buah yang masih muda diparut, diperas dan disaring. Hasilnya dicampur dengan air hangat dan diminum dua kali sehari.

“Kandungan seratnya yang tinggi menjadikan sawo mentega baik untuk kesehatan sistim pencernaan di dalam usus. Diharapkan akan bebas dari sembelit dan kanker terutama kanke usus,” paparnya.

Ditambahkan, daging buah sawo jenis ini dapat dijadikan lulur sehingga mendukung kesehatan kulit. Lalu kandungan vitamin A (karoten) di dalam sawo mentega bisa membantu menyehatkan mata. Sedangkan daun-daunnya antara lain dapat menjadi musuh radang mulut. Cara memanfaatkannya cukup praktis, yakni daun yang masih muda dicincang dan direbus dengan air bersih secukupnya. Lalu ditunggu sampai mendidih dan dinginkan. Air hasil rebusannya untuk berkumur.

“Selain dapat dikonsumsi langsung, daging sawo mentega juga bisa dibuat menjadi minuman jus ataupun dibuat menjadi seperti bubur yang dicampur susu maupun sirup,” imbuh Yuli.

Sawo ini diyakini juga banyak mengandung vitamin A yang membantu menjaga kesehatan mata dan kulit. Sedangkan vitamin C-nya dapat sebagai perlindungan terhadap serangan radikal bebas yang berbahaya dan mencegah infeksi. Samahalnya sawo mentega, matoa pun banyak mengandung gizi dan mendukung kesehatan. (Yan)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Pegagan
Pegagan Tendang Hipertensi

KELUHAN kesehatan tekanan darah tinggi biasa disebut juga hipertensi. Gejala yang mengiringi datangnya serangan darah tinggi, antara lain tengkuk terasa

Close