Begonia Redam Serangan Demam

Begonia termasuk tanaman hias yang memiliki khasiat obat alami
Begonia termasuk tanaman hias yang memiliki khasiat obat alami

TANAMAN hias mempunyai beberapa kekhasan dan keindahan tersendiri. Sebagian jenis tanaman hias diyakini mempunyai khasiat kesehatan, satu di antaranya begonia. Mayoritas bunganya berwarna putih kemerahan. Ketika ditempatkan di kompleks taman, akan memberikan  nuansa indah tersendiri.

Salah satu khasiatnya, yakni dapat digunakan sebagai ramuan penurun panas ataupun demam. Cara membuat ramuan alami dari begonia, yakni dengan merebus seluruh bagian tanaman. Air hasil rebusan disaring dan diminum. Jika digunakan sebagai obat alami mengatasi luka baru, yaitu dengan menumbuk 15 gram daun segar begonia. Setelah lumat, hasilnya dibalurkan pada luka. Sedangkan untuk membantu mengatasi bibir pecah-pecah, daun begonia diremas-remas sampai lumat dan diusapkan pada bibir yang pecah-pecah.

Adapun cara memperbanyak tanaman begonia, cukup dengan  memisahkan anakan lewat rimpang maupun penyebaran biji. Hidupnya senang bergerombol dan bisa ditanam di tanah langsung maupun pot. Sedangkan tanaman hias lain berkhasiat obat, yakni sansivera atau lidah mertua. Daun lidah mertua bersifat sejuk, rasanya masam dan berkhasiat sebagai anti biotik. Tanaman yang banyak  mengandung senyawa <I>Abamagenin<P> ini dipercaya mampu membantu meredakan influenza, batuk dan radang saluran pernapasan. Untuk obat luar banyak digunakan sebagai peredam  keseleo, luka terpukul, gigitan ular berbisa, borok dan bisul. Adapun cara pemakaiannya untuk diminum, yakni 15 – 30 gram daun lidah mertua digodok dalam satu liter air sampai menjadi setengahnya. Ramuan alami ini diminum pada pagi, siang dan sore hari.

Untuk pemakaian luar daunnya setelah dicuci bersih kemudian digiling atau ditumbuk halus dan kemudian ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit. Selain itu juga bermanfaat untuk membantu menyuburkan rambut. Caranya cukup memanfaatkan getah dari daun tersebut lalu digosokkan pada kulit kepala. Dilakukan satu sampai dua hari sekali, semoga segera dapat dirasakan hasilnya. Cara menanam sansivera pun bisa di tanah langsung serta pot. Perbanyakan tanaman bisa memisahkan bagian anakan atau tunas baru. (Yan)

Read previous post:
Salah satu camilan favorit, Ketan Lawu asal Karanganyar
Pemkab Beri Kemudahan Izin P-IRT

KARANGANYAR (MERAPI) - Pemkab Karanganyar mendorong pendaftaran sertifikat izin pangan industri rumah tangga (P-IRT) bagi UKM kuliner. Kemudahan mendapat sertifikat

Close