Ikan Teri Cegah Anemia

Ikan teri banyak manfaatnya bagi kesehatan
Ikan teri banyak manfaatnya bagi kesehatan

IKAN teri dikenal sebagai ikan dengan ukuran mini. Panjangnya antara dua sampai empat sentimeter. Meski wujudnya kecil-kecil, namun jenis ikan ini dipercayai mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

Dengan rutin mengkonsumsi teri antara lain bisa membantu mencegah terserang anemia, sebab ikan teri kaya zat besi. Selain mencegah anemia akibat kekurangan sel darah merah, zat besi dapat membantu mempercepat proses penyembuhan dari luka. Tak ketinggalan bisa menjaga kesehatan jantung. Jenis ikan ini bahkan diyakini setara dengan tuna, makarel, salmon dan sarden yang mengandung minyak ikan yang kaya asam lemak omega-3. Khususnya omega-3 ini memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan jantung.

Adapun tingginya kandungan kalsium dan fosfor di dalam ikan teri, menjadikan teri sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Beberapa manfaat teri untuk tulang antara lain mencegah osteoporosis, memperkuat tulang, dan menjaga kesehatan gigi. Bahkan ikan teri ternyata juga dapat digunakan sebagai antioksidan bagi tubuh. Hal ini tak lepas dari tingginya kandungan zat besi dan vitamin A yang mampu menangkal radikal bebas dari udara yang masuk ke dalam tubuh.

Sedangkan kandungan vitamin A dalam ikan teri, antara lain memiliki memiliki peran besar terhadap kesehatan mata. Selain menghindarkan mata dari penyakit, vitamin A dalam ikan teri juga membantu penglihatan menjadi lebih jernih. Vitamin A juga dapat menjaga sistem imun manusia terutama pada usia anak–anak. Tak ketinggalan, ikan teri juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi, karena kandungan lemaknya cukup tinggi.

Hanya saja ikan teri sering sekali diolah dengan cara dikeringkan dan diasinkan. Meski tinggi kandungan garam, ikan teri asin ini cukup banyak dikonsumsi oleh keluarga Indonesia. Hal ini perlu diwaspadai, sebab konsumsi garam yang berlebihan sangat tak disarankan, terlebih bagi anak-anak dan penderita penyakit tertentu, seperti gagal jantung dan hipertensi.

Idealnya bisa membeli ikan teri segar dan tawar. Biasanya warnanya kuning kecokelatan dan kering. Tapi jika hanya bisa menemukan ikan teri asin, yang berwarna putih susu dan basah, tak apa-apa. Cukup dengan merendam ikan teri di dalam air matang selama beberapa jam hingga kadar garamnya berkurang atau hilang. Lalu tak perlu lagi menambahkan garam ke dalam masakan yang menggunakan ikan teri asin tersebut. (Yan)

 

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Petugas dan tokoh masyarakat memusnahkan barang bukti narkotika
Polisi Musnahkan Barang Bukti Sabu

TEMANGGUNG (MERAPI) - Kepolisian Resort Temanggung memusnahkan barang bukti kejahatan berupa 69,33 gram sabu, Senin (6/11). Pemusnahan dengan cara dilarutkan

Close