• Selasa, 19 Oktober 2021

Gara-gara Positif Covid-19, 4 Pasangan Calon Pengantin Tunda Akad Nikah

- Minggu, 25 Juli 2021 | 15:27 WIB

WONOSARI (harianmerapi.com) – Sejumlah pasangan calon pengantin di Kapanewon Playen dan Nglipar Kabupate Gunungkidul terpaksa menunda pernikahan meskipun jadwal pelaksanaan sudah teragendakan di Kantor Urusan Agam (KUA) di dua kapanewon setempat Minggu (25/7) kemarin. Sehari menjelang akad nikah dilaksanakan pasangan calon pengantin hasil swab antigen mereka menunjukkan tersebut tidak bisa menunjukkan hasil pemeriksaan bebas covid-19 lantaran hasil rapid test antigen dinyatakan positif Covid-19.

"Karena syarat tidak bisa terpenuh akhirnya mereka menunda pelaksanaan nikah," kata Kepala Kemenag Gunungkidul, Sa’ban Nuroni, Minggu (25/7).

Menurutnya dengan adanya kebijakan ini, pihaknya telah meberikan solusi terhadap beberapa calon pengantin yang saat ino dalam keadaan terkonfirmasi positif Covid-19 harus menunda akad nikah dan harus menjalani isolasi terlebih dahulu. Karena hasil swab antigen mereka memang menunjukkan hasil positif.

Surat bebas covid sekarang menjadi hal yang wajib. Berdasarkan laporan yang saat ini yang terima KUA khusus di Kapanewon Playen terdapat 4 pasangan calon pengantin yang terpaksa menunda nikah karena calon mempelainya terkonfirmadi positif covid-19. Dalam persyaratan nikah seluruh KUA diwajibkan untuk meminta surat tersebut sebelum diselenggarakan ijab qobul dilsksanakan. "Data sementara di kapanewon Playen terbanyak dibanding kapanewo lain," imbuhnya.

Halaman:

Editor: admin_merapi

Terkini

X