Cabup-Cawabup Deklarasi Pilkada Damai

WONOSARI (MERAPI) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul mengundi nomor urut pasangan calon (paslon) bupati dan calon wakil bupati (cawabup) di Bangsal Sewakapraja, Wonosari, Kamis (24/9). Adanya aturan PKPU nomor 13 tahun 2020 yang baru saja terbit membuat peserta pengundian diperketat sesuai protokol kesehatan. Bahkan hanya paslon dan satu orang penghubung yang diperkenankan masuk di Bangsal Sewakapraja.

“Kami mohon maaf sehingga acara molor karena aturan KPU. Aturan kami terima subuh tadi pagi. Jadi semua harus keluar selain yang berkepentingan sesuai aturan,” ucap Ketua KPU Gunungkidul Ahmadi Ruslan Hani, Rabu (24/9).

Dalam undian nomor urut tersebut paslon cabup-cawabup Prof Dr Sutrisna Wibawa MPd-Mahmud Ardi Widanto SIP memperoleh nomor satu, sedangkan nomor urut 2 paslon Dr H Immawan Wahyudi-Dra Martanty Soenar Dewi. Sedangkan paslon Bambang Wisnu Handoyo-Benyamin Sudarmadi mendapatkan nomor urut 3 dan paslon H Sunaryanta-Heri Susanto memperoleh nomor undian empat.

“Sesuai PKPU ini juga kampanye terbuka, konser musil ditiadakan. Namun untuk kampanye terbatas,harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat dalam rangka mendukung pencegahan maupun penanggulangan Covid-19,” imbuh Ahmadi Ruslan Hani.

Usai melaksanakan undian nomor urut, empat paslon juga mendatangani pakta integritas dan deklarasi kampanye damai. Beberapa poin intinya yakni saling menghormati sesama paslon dalam pelaksanaan setiap tahapan pilkada, tunduk taat pada aturan kampanye dan menjaga ketertiban dalam setiap kegiatan kampanye. Selain itu menyelesaikan masalah yang terjadi dengan jalan musyawarah mufakat dan menghindari segala bentuk kekerasan, intrik, intimidasi dan provokasi untuk meraih kemenangan. “ Tidak jual beli suara, manipulasi suara dan penyuapan kepada pemilih serta penyelenggaraan pemilihan. Serta menghormati proses pemungutan suara, penghitungan suara, dan penetapan paslon terpilih,” jelasnya.(Pur)

Read previous post:
Kemanusiaan Muhammad

DALAM mensifati akhlak Rasulullah Muhammad SAW, ‘Aisyah RA mengatakan: ”akhlak beliau adalah Al-Quran”. Rahasia kesuksesan seorang pemimpin pada khususnya dan

Close