KPU Gunungkidul Intensifkan Sosialisasi Pelaksanaan Pilkada 2020

WONOSARI (MERAPI) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunungkidul berencana mengintensifkan sosialisasi pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah 2020 secara masif, untuk mendongkrak partisipasi masyarakat pada hari-H pencoblosan, 9 Desember mendatang.
Ketua KPU Kabupaten Gunung Kidul Ahmadi Ruslan Hani di Gunung Kidul, Senin, menargetkan tingkat partisipasi masyarakat sebesar 72 persen atau lebih tinggi daripada Pilkada 2015 dengan tingkat partisipasi masyarakat mencapai 70,10 persen.

Menurut dia, tingkat partisipasi pilkada sebelumnya ini pun bahkan disebut lebih rendah daripada Pemilu Presiden 2019.
Ahmadi Ruslan Hani menjelaskan bahwa target partisipasi masyarakat ini berdasarkan tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih, serta data partisipasi pilkada sebelumnya, serta pileg dan pilpres.

Merujuk pada DPS hasil coklit, KPU Gunung Kidul mencatat kurang lebih 605.000 calon pemilih di pilkada kali ini.
KPU setempat belum lama ini meluncurkan maskot Pilkada 2020 bernama Si Gunung. Jingle atau lagu tema berjudul “Gunung Kidul Memanggilmu” dibuat sebagai bagian dari sosialisasi Pilkada 2020.
“Lirik lagunya mengajak masyarakat Gunung Kidul untuk berpartisipasi dan ikut mencoblos di pilkada nanti,” kata Hani dilansir Antara.

Sebelumnya, anggota KPU Provinsi DIY Ahmad Shidqi mengatakan bahwa pihaknya justru memasang target lebih tinggi untuk tingkat partisipasi pemilih di Pilkada 2020. Selain Gunung Kidul, Sleman dan Bantul turut melaksanakan pilkada.
Ahmad menyebut KPU DIY menargetkan tingkat partisipasi pemilih pilkada di tiga kabupaten tersebut mencapai 80 persen. Angka ini lebih tinggi daripada target nasional yang mencapai 77 persen.
“Kami akui ini berat karena pilkada berlangsung di tengah pandemi. Akan tetapi, target ini jadi motivasi kami,” kata Ahmad. (*)

Read previous post:
Demokrat Sleman Dukung Kustini-Danang

SLEMAN (MERAPI) - Salah partai non parlemen resmi mendukung pasangan Kustini Sri Purnomo-Danang Maharsa. Kekuatan baru ini dibuktikan dengan pernyataan

Close