Puskesmas II Ponjong Jadi Lokasi Karantina Warga Reaktif Covid-19

WONOSARI (MERAPI) – Pemkab Gunungkidul tengah melakukan pembahasan mengenai tempat karantina baru bagi warga yang dinyatakan reaktif Covid-19 menyusul setelah lokasi karantina lama di wisma Wanagama milik Fakultas Kehutanan UGM diminta kembali untuk kegiatan akademik.Dari hasil pembahasan akhirnya menyepakati Puskesmas 2 Ponjong akan digunakan sebagai tempat karantina.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, dr Dewi Irawaty M Kes menyatakan saat ini sejumlah instansi terkait dalam penanganan covid-19 sudah proaktif terutama kesiapan menyangkut sarana dan prasarana maupun berkaitan dengan tenaga medis.
“Puskesmas 2 Ponjong ini memiliki daya tampung 20 orang dan terdukung ketersediaan kamar dan pelayanan,” katanya Jumat (7/8).

Persiapan untuk pemi9ndahan lokasi karantina ini membutuhkan waktu sekitr dua minggu ke depan. Mengenai antisipasi adanya penolakan dari warga, jajaran pemerintah menjalin komunikasi dengan warga sekitar. Dengan harapan warga akan terbuka dan tidak keberatan terlebih lokasi karantina ini merupakan fasilitas kesehatan yang keberadaannya sudah lama ada. Sementara keberadaan lokasi karantina ini memeng sangat penting terlebih pergerakan Covid-19 di Kabupaten Gunungkidul masih terus terjadi. Penambahan pasien dari hari ke hari terus bertambah. Selama ini penanganan pasien juga cukup baik dengan tingkat kesembuhan cukup tinggi. Dari total kumulatis sebanyak 120 pasien, sebanyak 61 pasien sembuh dan kematian pasien terjadi 3 kasus. ” Kita optimis pasien yang umumnya kategori Orang Tanpa Gejala (OTG) bisa disembuhkan,” imbuhnya.

Sebagai informasi, sebelumnya selama ini warga dengan status reaktif dikarantina di Wisma Wanagama milik UGM kemudian diminta oleh pihak UGM karena akan digunakan sebagai tempat kegiatan akademik. Beberapa hari lalu, masih ada 7 orang yang dikarantina di wisma tersebut, karena kondisi baik dan hasil swabnya sudah keluar kemudian penghuni berkurang.“Sekarang ini tinggal 3 orang yang dikarantina wisma Wanagama,” terangnya. (Pur)

Read previous post:
Tak Terpengaruh Laka Laut, Kunjungan Wisatawan Pantai di Bantul Stabil

BANTUL (MERAPI) - Terjadinya laka laut yang terjadi di Pantai Goa Cemara Patihan Gadingsari Sanden Bantul tidak menyurutkan kunjungan wisatawan

Close