Pemkab Gunungkidul Bahas Perpanjangan Bansos APBD

WONOSARI (MERAPI) – Pemkab Gunungkidul tengah melakukan pembahasan terkait kelanjutan bantuan sosial yang bersumber dari APBD dengan pertimbangan karena kondisi masyarakat yang hingga kini masih belum stabil. Kendati demikian, masih ada beberapa pertimbangan yang menjadi materi bahasan pemerintah.Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Gunungkidul Wijang Eka Aswana, mengatakan, dari pemerintah saat ini sedang melakukan pembahasan yang intensif mengenai penyaluran bantuan tersebut. “Langkah pemberian bantuan ini dilakukan agar masyarakat terbantu dalam pemenuhan kebutuhan ditengah kondisi perekonomian yang terdampak Covid019,” katanya, Jumat (31/7).

Untuk bantuan lanjutan ini memang agak berbeda dibandingkan dengan pemberian bantuan tunai beberapa waktu lalu, skema penyaluran bantuandari APBD tersebut akan diberikan kepada keluarga yang sama sekali belum pernah mendapatkan bantuan baik dari pemerintah pusat, pemerintah kabupaten maupun dari pemerintah kalurahan.Untuk basisnya dambil dari keluarga dan bukan individu yang sebagian juga ada yang masuk pada data terpadu kesejahteraan social.

Saat ini Dinas Sosial masih belum bisa memastikan berapa total penerima bantuan lanjutan serta total uang yang akan dikeluarkan. Adapun saat ini terdapat beberapa opsi yang masih dalam pembahasan yakni besaran Rp 200 ribu untuk tiga bulan atau Rp 300 ribu untuk 2 bulan. Sehingga masih belum final mengenai besaran dan jumlah keluarga calon penerima. “Akan dilakukan penyisiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang sama sekali belum menerima bantuan,” imbuhnya.

Kepala Bidang Kesejahteraan Sosial, Dinas Sosial Gunungkidul Hadi Hendro Prayogi menambahkan, mengenai bantuan lanjutan ini masih dalam pembahasan dan saat ini dinsos masih melakukan pemantauan penyaluran bantuan dari kemensos.“Kalau yang data pengganti itu sudah disalurkan sebanyak 6.149 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sudah menerimanya,” terangnya. (Pur)

Read previous post:
Diana Cristy dan OM MG 86 Abah Lala

BAGI pedangdut Diana Christy bergabung dengan sebuah grup musik dangdut bukan perkara mudah, banyak hal yang dipertimbangkan sampai pada sebuah

Close