Gunungkidul Bangun Sarpras Kawasan Utara

MERAPI-BAMBANG PURWANTO Pembangunan ruas jalan alternatif Gunungkidul-Prambanan, Sleman.
MERAPI-BAMBANG PURWANTO
Pembangunan ruas jalan alternatif Gunungkidul-Prambanan, Sleman.

WONOSARI (MERAPI) – Pembangunan jalur jalan tol Yogya-Solo yang direncanakan ditargetkan selesai pada tahun anggaran 2025, diharapkan mampu memberi harapan bagi pengembangan pariwisata di Kabupaten Gunungkidul. Berkembangnya sektor pariwisata di Gunungkidul diyakini berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Sejalan dengan pembangunan ruas jalan tol kawasan utara akan diproyeksikan peningkatan pembangunan berbagai sarana. Harapannya dapat menunjang keberhasilan sektor wisata di Kabupaten Gunungkidul. “Melalui akses jalan Prambanan-Gayamharjo-Tawang-Ngalang-Gading-Saptosari akan dengan mudah terhubung dengan Jalur Jalan Lintas Selatan. dan kawasan objek wisata pantai selatan,” kata Kepala Bappeda Kabupaten Gunungkidul, Sri Suhartanta, Rabu (15/7).

Pembangunan jalur di kawasan utara Ngalang-Tawang-Gayamharjo, saat ini yang melanjutkan jalan baru Gading-Gedangsari oleh pemerintah DIY. Selain pembangunan jalan, Pemkab Gunungkidul mulai melakukan pengembangan kawasan utara. Untuk Pengembangan jangka pendek dan panjang perlahan mulai dipersiapkan. Pembangunan sektor pariwisata yang dimaksud meliputi pembangunan destinasi wisata, pemasaran pariwisata, pembangunan kelembagaan pariwisata dan pembangunan industri pariwisata saat yang saat ini terus dikaji.

Terpisa Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Hary Sukmono menyatakan, sebelum pandemi Covid-19 kunjungan wisatawan hampir setiap hari. Terlebih Gunungkidul memiliki kekayaan alam yakni 13 geosite yang tergabung dalam Geopark Gunungsewu. Berdasarkan survei dan pendataan Badan Pusat Statistik (BPS) sebelum pandemi Covid-19, setiap tahun laju pertumbuhan ekonomi di Gunungkidul terus membaik dan tingkat pertumbuhan ekonomi tahun 2019 lalu sekitar 5-6 persen.. (Pur)

Read previous post:
Penuh Sampah di Jalur Mudik Presiden Jokowi, Pelaku Pembuangan Diintai

KARANGANYAR (MERAPI) - Sampah berserakan di sepanjang tepi Jl Adi Soemarmo Karanganyar dikeluhkan. Padahal jalur itu sering dilewati Presiden Jokowi

Close