184 Sapi Kurban Gunungkidul Dikirim ke Jabodetabek

MERAPI-Bambang Purwanto
Kepala DPP Gunungkidul ceking stok persediaan hewan kurban.

WONOSARI (MERAPI) – Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten Gunungkidul melakukan pemantauan terhadap ketersediaan hewan kurban yang kini dimiliki masyarakat yang disiapkan untuk penyediaan hewan pada peringatan Hari Raya Idul Adha mendatang. Dari hasil pemantauan dipastikan bahwa kondisi kesehatan hewan kurban dalam keadaan sehat dan terbebas dari penyakit. “Diperkirakan tahun ini pemotongan hewan kurban akan menurun dibanding tahun lalu,” kata Kepala DPP Ir Bambang Wisnu Boroto Senin (13/7).

Pemantauan dilakukan di sejumlah kapanewon yang selama ini memiliki potensi sebagai gudang ternak diantaranya di wilayah Kapanewon Paliyan dan hewan ternak tersebut akan dijual ke warga untuk persiapan hari raya kurban. Hewan ternak dari Gunungkidul memang banyak dikirim ke luar daerah, dan harus mengantongi SWurat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH). Untuk taun ini dari Kalurahan Karangasem, Paliyan sudah mengirimkan 184 ekor ternak ke Jakarta dan hal ini akan diikuti penngiriman berikutnya hingga tiga hari menjelang Hari Raya Idul Adha mendatang. “Untuk kapanewon lain sedang kami pantau,” imbunya.

Total sapi yang ada di Gunungkidul 153.363 ribu ekor, untuk sapi jantan ada 56 ribu ekor, dan yang siap kurban yakni sapi jantan dewasa ada 19.170 ekor. kambing populasi 188.160 ekor, untuk jantan 71.501 ekor, dan kambing siap disembelih 23.520 ekor. Tahun lalu jumlah sapi yang disembelih ada 3446 ekor dan untuk tahun ini perkiraan menurun kemungkinan karena adanya pandemi Covid-19.

Dijelaskan , untuk mengantisipasi penyakit baik antraks maupun penyakit hewan lainnya pihaknya membangun kolam dipping di dua pasar hewan besar yakni Siono Harjo, Kapanewon Playen, dan Pasar Munggi, Kapanewon Semanu. Selain itu pihaknya rutin memeriksa hewan ternak baik kelompok maupun perseorangan. Dengan harapan agar seluruh hewan ternak yang akan dipotong pada Hari Raya Idul Adha mendatang dalam keadaan sehat. “Kita pastikan hewan ternak dari Gunungkidul semuanya sehat,”terangnya. (Pur)

Read previous post:
Pemkab Gunungkidul Bangun Irigasi Perpompaan di Patuk

PATUK (MERAPI) - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul membangun fasilitas irigasi perpompaan di Desa Pengkok, Kecamatan Patuk, dalam rangka mengairi lahan pertanian

Close