Kukup dan Krakal Dikunjungi 11.154 Wisatawan, Protokol Kesehatan Perlu Ditingkatkan

Pengukuran suhu badan di pintu masuk Obwis Pantai Kukup.

WONOSARI (MERAPI) – Hasil ujicoba pembukaan 2 pantai Kukup dan Krakal Gunungkidul pada minggu kedua ditengah pandemi Covid-19 mulai dibanjiri wisatawan.Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul jumlah wisatawan yang datang selama ujicoba tercatat 11.154 wisatawan. Kumulatif jumlah wisatawan terhitung dari Kamis (24/6) hingga minggu (28/6). ” Dari jumlah wisatawan yang datang, masih banyak wisatawan yang nekat tidak mengenakan alat perlindungan diri dan hal ini menjadi perhatian kami,” kata Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul Harry Sukmono Selasa (30/6).

Berdasarkan rincian data untuk wisatawan khususnya untuk Pantai Baron dan Kukup ada 10.100 orang pengunjung, obwis Gunung Api Purba Nglanggeran sebanyak 1.045 orang, dan Gua Kalisuci baru sebanyak 9 orang. Jumlah wisatawan tersebut terbanyak pada liburan akhir pekan dan menjadi puncak kunjungan para wisatawan. “Tahap ujicoba ini untuk saat ini baru diberlakukan di Pantai Baron, Kukup, Gunung Api Nglanggeran dan Kali Suci,” imbuhnya.

Wisatawan di Pantai Kukup.

Puncak kunjungan wisatawan terjadi pada Minggu (28/6) dan tercatat sebanyak 6.132 orang mengunjungi Pantai Baron-Kukup. Pada hari yang sama, terdapat 448 pengunjung di Obwis Gunungapi purba Nglanggeran, sementara di Kalisuci hanya ada 9 orang. Berdasarkan evaluasi dari Dinas Pariwisata, ada beberapa catatan dalam uji coba pembukaan obyek wisata di Gunungkidul. Salah satu yang mendapatkan perhatian adalah masih banyak pengunjung tak mengenakan masker saat berada di lokasi wisata. Selain itu, masih banyak dijumpai pengunjung yang berkerumun.
” Secara umum untuk para pelaku wisata hingga pedagang sudah sadar dan siap mengikuti protokol kesehatan, tetapi untuk wisatawan masih perlu diedukasi,” ucapnya.

Selain tingkat kepatuhan terkait protokol kesehatan masih ditemukan adanya sejumlah wisatawan yang menolak dilakukan pengukuran suhu. Hal ini menjadi perhatian Dispar Gunungkidul.(Pur)

Read previous post:
Terung Jaga Tekanan Darah Tetap Stabil

TERUNG termasuk jenis sayur yang mempunyai beberapa khasiat kesehatan. Terung yang sering dimanfaatkan warga pun ada beberapa varietas, misalnya terung

Close