Petani Diimbau Mulai Olah Lahan

WONOSARI (MERAPI) – Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul, mengimbau kepada petani setempat segera mengolah lahan pertanian supaya dapat segera bercocok tanam pada awal November nanti. Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul Raharjo Yuwono, Selasa (24/9), mengatakan berdasarkan ramalan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), musim hujan di Gunung Kidul mulai awal November 2019.

“Kami mengimbau dan mengharapkan kepada petani segera mengolah lahannya agar jika musim hujan tiba lahan siap tanam,” ujarnya.

Ia mengatakan persiapan yang harus dilakukan petani mulai dari pengolahan lahan, benih, hingga pupuk. Harapannya tidak terjadi penumpukan permintaan saat musim tanam, dianjurkan mulai melakukan penebusan pupuk bersubsidi. Dengan demikian, pada waktu dibutuhkan pemupukan pada tanaman sudah di tangan para petani. “Persiapan petani diperlukan, karena bisa mempengaruhi hasil produksi,” katanya dikutip Antara.

Raharjo juga mengatakan Dinas Pertanian dan Pangan juga menyediakan bantuan benih dan sudah didistribusikan kepada petani. Adapun bantuan yang telah disalurkan terdiri dari, benih padi gogo 500 hektare sejumlah 12,5 ton, benih padi sawah 1.000 hektare sejumlah 25 ton, benih jagung hibrida 5.000 hektare sejumlah 75 ton, benih bantuan puso 67, 4 ton benih padi dan benih desiminasi varitas unggul dari BPTP 4,7 ton.

“Kami masih ditunggu benih padi hibrida dan inbrida susulan untuk sekitar 4.000 hektare serta tambahan benih jagung hibrida 1000 hektare dari pusat,” katanya.
Sementara itu, seorang petani di wilayah Desa Putat, Kecamatan Patuk Sugiyanto mengaku sudah bersiap menyambut musim penghujan. Terlebih lahan yang sebelumnya ditanami palawija kini sudah panen.

“Karena lahan tidak nganggur selama satu tahun, butuh asupan pupuk ekstra nanti pada musim penghujan. Kami sudah menyiapkan pupuk kandang,” kata Sugiyanto. (*)

Read previous post:
GELAR PESONA KAMPUNG WISATA WARUNGBOTO-Hadirkan Potensi Kesenian, Kerajinan dan Kuliner

ACARA Gelar Pesona Kampung Wisata Warungboto berlangsung meriah dengan berbagai atraksi kesenian dan pameran potensi menarik, Sabtu (21/9), di sisi

Close