DANAIS GUNUNGKIDUL RP 15 MILIAR: Optimalkan untuk Pengembangan Budaya

MERAPI-DEDY EW  Dr Najamudin
MERAPI-DEDY EW
Dr Najamudin

WONOSARI (MERAPI) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul melalui Dinas Kebudayaan (Disbud) terus mengembangkan berbagai potensi seni dan budaya. Berbagai kegiatan telah dilaksanakan diantaranya festival ketoprak dan gelar potensi rintisan desa budaya. Melalui berbagai program tersebut untuk mendukung pelestarian seni budaya.

“Potensi budaya di Gunungkidul sangat beragam. Disbud terus berusaha untuk membina dan melestarikan budaya di masyarakat,” kata Kepala Disbud Gunungkidul Drs Agus Kamtono MSi, Sabtu (17/8).

Diungkapkan, dinas juga telah menggelar Seminar Nasional Nasional Mengelola Budaya Lokal Untuk Kesejahteraan Masyarakat di Pemda Gunungkidul serta dihadiri Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI Dr H Najamudin Ramli, Rabu (14/8). Tentunya dorongan untuk memanfaatkan dana keistimewan Rp 15 miliar untuk pengembangan budaya akan direspon.

“Masukan tentang perlu diselenggarakan festival rasulan mulai tingkat kecamatan dan dilanjutkan kabupaten akan dikoordinasikan,” imbuhnya.

Ketika menjadi pembicara seminar, Dr Najamudin Ramli mendorong agar danais dimanfaatkan untuk menggelar festival rasul. Mulai dari tingkat kecamatan dan puncaknya diselenggarakan di kabupaten Gunungkidul pada peringatan Hari Jadi kabupaten.

“Perlu untuk membuat terobosan menggelar festival mulai kecamatan dan puncaknya di Kabupaten. Dimulai dari kecamatan, agar potensi budaya di masing-masing desa berkembang,” jelasnya.(Ded)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Pawai Pembangunan Meriahkan Peringatan HUT RI di Desa Gumpang

SUKOHARJO (MERAPI) - Sebanyak 54 peserta mengikuti pawai dalam rangka memeriahkan peringatan HUT Ke-74 RI. Kegiatan digelar oleh Pemerintah Desa

Close