Kekayaan Budaya Harus Sejahterakan Masyarakat

MERAPI-Bambang Purwanto  Dr Nadjamuddin menyampaikan sambutannya.
MERAPI-Bambang Purwanto
Dr Nadjamuddin menyampaikan sambutannya.

WONOSARI (MERAPI) – Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Kementeriaan Pendidikan (Kemendikbud) Republik Indonesia Dr H Najamudin Ramli mengungkapkan, Gunungkidul memiliki potensi budaya. Kekayaan tersebut perlu untuk dibina dan dilestarikan. Melalui Dinas Kebudayaan dan Dinas Pariwisata perlu berkolaborasi dalam mengembangkan budaya di masyarakat.

“Sebagai contoh budaya rasul masih cukup kental di masyarakat. Perlu dikemas festival budaya mulai tingkat kecamatan hingga nantinya dijadikan satu di Gunungkidul. Salah satunya untuk puncak Hari Jadi Gunungkidul diadakan festival rasul atau budaya,” kata Najamudin Ramli di acara Seminar Nasional Mengelola Budaya Lokal Untuk Kesejahteraan Masyarakat di ruang rapat 1 Pemda, Rabu (14/8).

Kegiatan dihadiri Wakil Bupati Dr H Immawan Wahyudi, narasumber KH Abdul Muhaimin, Kepala Dinas Kebudayaan Drs Agus Kamtono MSi, kepala Organisasi Perangkat Daerah, camat, pelaku seni budaya, tokoh masyarakat, pramuka dan undangan. Diungkapkan, dana keistimewaan sebesar Rp 15 miliar, perlu dikelola secara matang. Melalui festival rasul atau budaya akan menggerakkan roda ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Karena dengan geliat seni budaya maka akan muncul usaha industri, baik untuk property hingga usaha-usaha lainnya. “ Kegiatan yang digelar akan memberikan dampak peningkatan ekonomi masyarakat,” imbuhnya.

Immawan Wahyudi ketika membacakan sambutan Bupati Gunungkidul Hj Badingah SSos menuturkan, budaya sudah menjadi semangat dalam pembangunan di Gunungkidul. Bahkan menjadi upaya untuk mewujudkan Gunungkidul menjadi kawasan pariwisata yang terkemuka dan budaya. Pembinaan bagi seniman, pelestarian budaya terus dilakukan. Bahkan masyarakat masih melestarikan budaya dari para leluhur. “Pemkab juga terus mendorong dan memfasilitas dalam upaya pelestarian budaya, seni maupun tradisi di masyarakat,” jelasnya. (Pur)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Malam Renungan HUT ke-58 Pramuka

KARANGANYAR (MERAPI) - Upacara malam renungan dan ulang janji HUT kr-58 Pramuka Kwartir Ranting Tasikmadu dilaksanakan di Lapangan Desa Gaum,

Close