Pasar Tradisional Legundi Beroperasi

Komoditas sembako yang dijual di Pasar Jungke
Ikustrasi

PANGGANG (MERAPI) – Pasar Legundi, Panggang, Gunungkidul yang didanai APBN senilai Rp 6 miliar mulai dioperasikan untuk kegiatan jual beli. Rencananya pasar tradisional ini akan dilakukan pembangunan kembali menggunakan dana APBD 2020 mendatang.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Gunungkidul, Johan Eko Sudarto menyatakan ada beberapa fasilitas yang disediakan dan salah satunya ada kios untuk keperluan perbankan juga disediakan los di dalam pasar. Meskipun anggaran dari pusat telah selesai untuk membangun pusat perbelanjaan ini, tapi rencananya Pemkab Gunungkidul akan kembali melakukan pembangunan di pasar tersebut.
“Tujuan pembangunan lanjutan ini untuk penyempurnaan dan melengkapi fasilitas lainnya,” katanya, Minggu (4/8).

Saat Ini sedang dalam proses pengajuan melalui Kebijakan Umum Anggaran dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (KUA- PPAS) APBD 2020. Untuk jumlahnya masih menunggu APBD 2020.Dengan mulai difungsikannya Pasar Legundi ini diharapkan mampu memberikan ruang perbelanjaan secara tradisional kepada para pedagang dan masyarakat akan lebih mudah, tertata, terkondisikan dan lebih baik.
“Semua kami optimalkan, mudah-mudahan dengan program ini aktifitas lebih meningkat dan roda perekonomian semakin maju,” imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, tahun lalu Pemkab Gunungkidul mendapatkan kucuran dana dari pemerintah pusat untuk pembangunan pasar Legundi. Tak tanggung-tanggung dana yang diberikan, yakni sekitar Rp 6 miliar dari Kementerian Perdagangan melalui anggaran Tugas Pembantu. Dengan dibangunnya pasar ini selain sesuai dengan perkembangan dan program penghidupan/revitalisasi pasar tradisional, juga disesuaikan dengan kondisi perkembangan daerah. Pasar Legundi sendiri di Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) yang saat ini tengah berkembang, dengan demikian akan ada aktifitas padat di kawasan tersebut dan strategis.Konsep pembangunan sendiri juga sudah modern. (Pur)

Read previous post:
Hentakan DJ dan Tari Nusantara Bikin Festival Wonderful Indonesia di Rusia Happy Ending

KRISNAYA, RUSIA (HARIAN MERAPI)- Festival Wonderful Indonesia selalu sukses menghentak publik Rusia. Tahun 2019, giliran format Disc Jokey (DJ) dan

Close