Atasi Kekeringan di Gunungkidul, 1 Sumur untuk 87 KK

MERAPI-ISTIMEWA  Sumur pompa di Krakalan, Beji, Patuk, Gunungkidul.
MERAPI-ISTIMEWA
Sumur pompa di Krakalan, Beji, Patuk, Gunungkidul.

PATUK (MERAPI) – Pengeboran dan pemasangan pompa air di Dusun Krakalan, Desa Beji, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, DIY, sangat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat, khususnya di Dusun Beji, Gedali, Krakalan, dan Putat. Apalagi saat musim kemarau yang terjadi sejak bulan Maret sampai Juli 2019.

Ketika wartawan mengecek pengeboran air dan pemasangan pipa oleh Yayasan Mahisa Agni di Dusun Krakalan, Rabu (17/7), masyarakat sangat merasakan manfaatnya. Karena air dari sumur pompa itu, selain bisa memenuhi kebutuhan air bersih warga, juga untuk pertanian dan kolam ikan.

“Sumur pompa di Dusun Krakalan ini bisa untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi 87 kepala keluarga,” ujar Budi Darmojo, Teknisi Lapangan Badan Musyawarah (Bamus) Tirto Manunggal kepada wartawan. 87 KK itu bermukim di Dusun Krakalan, Gedali, Beji, dan Putat.

MERAPI-ISTIMEWA  Selain untuk memenuhi kebutuhan keluarga, air dari sumur pompa juga untuk mengairi lahan pertanian dan kolam ikan.
MERAPI-ISTIMEWA
Selain untuk memenuhi kebutuhan keluarga, air dari sumur pompa juga untuk mengairi lahan pertanian dan kolam ikan.

Distribusi air dikelola oleh Bamus Tirtomanunggal. Ada 87 KK yang berlangganan. Kontribusinya Rp 5.000 per m3. Dana yang diperoleh dari pelanggan untuk perawatan dan kas Tirto Manunggal. “Perawatan pompa, pipa, dan bak air oleh masyarakat. Warga bertanggungjawab atas keberadaan alat-alat yang sangat bermanfaat bagi masyarakat,” tegas Budi Darmojo.

Pembina Yayasan Mahisa Agni, Dr Wahyu Purwanto merasa bangga atas kekompakan warga untuk merawat pompa, pipa, penampung, dan alat-alat yang terkait dengan pengadaan air bersih. Terbentuknya Badan Musyawarah Tirto Manunggal merupakan wujud guyupnya warga dalam menghadapi persoalan, khususnya kebutuhan air bersih.

Mantan Rektor Universitas Gunung Kidul ini mengemukakan sebenarnya cukup tersedia air di Gunungkidul. Sekarang tinggal bagaimana cara memanfaatkan potensi air tersebut. Jika apa yang ada di Dusun Krakalan Desa Beji ini juga dilaksanakan di desa-desa yang ada di Gunungkidul, maka warga Gunungkidul akan tercukupi kebutuhan airnya, sepanjang tahun. (*)

Read previous post:
Menpar Tekankan Labuan Bajo Jadi Destinasi Wisata Premium

LABUAN BAJO (HARIAN MERAPI)- Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menekankan Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT) harus menjadi destinasi

Close