‘GEBYAR’ 20 TAHUN UPK PANGGANG: Aset Rp 8,9 M, 6 Desa Terima Bantuan

MERAPI-BAMBANG PURWANTO  Kepala DP3AKBPMD) Gunungkidul Sujoko S Sos MSI serangkan bantuan desa.
MERAPI-BAMBANG PURWANTO
Kepala DP3AKBPMD) Gunungkidul Sujoko S Sos MSI serangkan bantuan desa.

PANGGANG (MERAPI) – Unit Pengelola Kegiatan (UPK), Pengelola Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Kecamatan Panggang Kabupaten Gunungkidul, berkembang menggembirakan dalam kurun 20 tahun. Jumlah pemanfaat aktif mencapai 1.425 nasabah dengan jumlah kelompok aktif sebanyak 190 dan pemanfaat lain mencapai 3.562 orang. Sedang aset yang dimiliki UPK-PPM Kecamatan Panaggang mencapai Rp 8.950.896.898.

Dalam memperingati 20 tahun UPK PPM diselenggarakan ‘Gebyar UPK’ yang diikuti 1.100 warga Kecamatan Panggang. “Perkembangan UPK di sini cukup baik dan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat pedesaan,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan KB, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPMD) Gunungkidul Sujoko S Sos MSI pada Peringatan UPK PPM Kecamatan Panggang, Gunungkidul, Sabtu (21/7).

Sebagai salah satu program pemerintah yang berorientasi pada peningkatan kualitas hidup masyarakat pedesaan, dalam beberapa tahun terakhir ini UPK PPM Panggang, telah mampu menjadi ikon dari pembangunan partisipatif di kalangan masyarakat. Berkembang dan besarnya kontribusi riil dari program ini terhadap pemberdayaan, selain meningkatkan kualitas hidup dan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat juga telah dirasakan warga pemanfaat. Keterlibatan masyarakat langsung dalam seluruh proses kegiatan menyangkut pelaksanaan, dan pelestarian kegiatan telah mampu adanya keterlibatan banyak pelaku sebagai pelaksana program dan tanggung jawab dalam pengelolaan keuangan. “Kita berharap prestasi yang telah diraih terus ditingkatkan,” imbuhnya.

Ketua UPK PPM Kecamatan Panggang Sarjiyo didampingi Meneger Imam Bukhori ST menyatakan pada peringatan 20 tahun UPK tahun iniditandai dengan berbagai kegiatan. Diantaranya peningkatan pemberian pinjaman, gebyar UPK dengan dilaksanakanjalan sehat hadiah sepda motor diikuti sebanyak 1.100peserta, pembagian dana sosial Rp 62.600.000,-memberikan penghargaan kepada kelompok pemanfaat, pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan usaha serta pendampingan usaha produktif. Selainitu juga memberikan bantuan untuk 6 desa, Girisekar, Girimulyo, Girisuko, Giriwungu,Giriharjo dan Girikarto. Dihadiri Kadinas DP3AKBPD Sujoko S Sos MSi, Forkopimcam Panggang dan Kepala dinas terkait. (Pur)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
USUL KE PRESIDEN JOKOWI: Harus Ada Menteri Dari Pati

PATI (MERAPI) - Dalam penyusunan kabinet Jkw-MA mendatang, hendaknya presiden Joko Widodo juga mengangkat salahsatu putra terbaik asal kabupaten Pati

Close