Kasdam IV/Diponegoro Tinjau TMMD di Gunungkidul

MERAPI-BAMBANG PURWANTO  Kasdam IV/Diponegoro saat tinjau lokasi TMMD di Gunungkidul.
MERAPI-BAMBANG PURWANTO
Kasdam IV/Diponegoro saat tinjau lokasi TMMD di Gunungkidul.

WONOSARI (MERAPI) – Kasdam IV/Diponegoro, Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa SE MM meninjau pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-105 di Desa Banaran, Kecamatan Playen, Gunungkidul Jumat (19/7). Dalam kesempatan tersebut Kasdam IV /Diponegoro mengingatkan kepada Dansatgas agar apa yang menjadi kesepakatan bersama antarpihak Kodim dengan Pemkab Gunungkidul terkait program dan sasaran TMMD harus dituntaskan.

“Tujuan kami ke sini untuk melihat langsung progres kegiatan TMMD yang sudah dijalankan antara TNI dengan masyarakat,” katanya.

Setelah adanya pembangunan melalui TMMD ini pihaknya berharap hasilnya benar-benar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Mereka hendaknya dapat menjaga dan memelihara hasil pembangunan ini sebaik-baiknya sehingga dapat dimanfaatkan dalam waktu yang lama.Kasdam menyebutkan,selain fokus pada sasaran fisik TMMD juga menyasar non fisik seperti kegiatan penyuluhan-penyuluhan dan pemberian wawasan kebangsaan maupun bela negara kepada masyarakat.

“Perlu sekali diberikan wawasan kebangsaan dan bela negara kepada masyarakat supaya mereka tidak elergi mendengar istilah bela negara,” imbuhnya.

Bela negara adalah kewajiban seluruh masyarakat dan tidak hanya TNI. Apalah arti TNI tanpa bantuan masyarakat, untuk itu kerjasama antara masyarakat dan TNI harus selalu dijalin. “Dari pengamatan hari ini,kegiatan TMMD di Desa Banaran ini progresnya sudah sangat baik. Meski ada beberapa lokasi yang belum selesai,semoga dengan sisa waktu yang ada semua bisa diselesai secara tepat waktu,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Desa Banaran, Suminto menyatakan,dengan adanya TMMD, kini sebagian masyarakat Desa Banaran yang dahulu berada di wilayah terisolir kini sudah tidak lagi.Jalan penghubung antardusun kini sudah bagus sehingga akses jalan semakin mudah. (Pur)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Seto Tegaskan PSS Tidak Krisis

SLEMAN (MERAPI) - Kekalahan atas PSIS Semarang 1-3, Rabu (17/7) lalu merupakan tamparan keras bagi Bagus Nirwanto dan kawan-kawan. Bukan

Close