KPU Gunungkidul Tunda Penetapan Caleg Pemenang Pemilu

WONOSARI (MERAPI) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunungkidul menunda penetapan calon anggota legislatif pemenang pada Pemilu 2019 dari jadwal Rabu (3/7) hingga turunnya putusan Mahkamah Konstitusi (MK). KPU Gunungkidul sebenarnya telah mempersiapkan pengumuman penetapan di sebuah hotel di kawasan Kecamatan Purwosari. Namun, meskipun segala persiapan sudah dilakukan tetapi kemudian dilakukan penundaan lantaran surat keputusan yang akan menjadi dasar penetapan belum turun.

“Untuk waktu penetapan kami masih menunggu surat dari panitera MK dan KPU pusat,” kata Ketua KPU Gunungkidul Ahmadi Ruslan Hani Jumat (5/7).

Untuk melakukan penetapkan bagi calon anggota legislatif pemenang Pemilu 2019 harus mepupunyai landasan hukum untuk dijadikan dasar penetapan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Gunungkidul. Untuk itu, dia berharap surat dari MK dan KPU secepatnya bisa diterima sehingga penetapan bagi calon anggota legislatif terpilih segera dilakukan penetapan.Berdasarkan hasil pemilu lalu, penyelenggaraannya sudah berjalan lancar. Meski diakui pada saat pencoblosan ada sejumlah masalah seperti adanya pencoblosan ulang di dua TPS namun hal tersebut tidak mengganggu tahapan demi tahapan dalam pelaksanaan pemilu. “Kita berharap penetapan dapat segera dilakukan,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Gunungkidul Drs Agus Hartadi MSi juga mengaku sudah mempersiapkan pelantikan anggota legislatif hasil pemilu April 2019 lalu.Namun untuk jadwal pelantikannya nanti diperkirakan akan ditunda satu hari. Pasalnya jadwal pelantikan anggota DPRD yang baru hail pemilu 2019 yang semula dijadwalkan pada 11 Agustus 2019 ternyata bertepatan dengan hari libur.
Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Gunungkidul, Arif Setiadi SIP mengatakan dari partainya maupun partai lain tidak mempermasalahkan adanya penundaan penetapan caleg tingkat Kabupaten. Menurutnya, KPU memang harus mematuhi prosedur yang berlaku. Hal yang sama juga dikatakan Ketua DPD NasDem Gunungkidul, Suparjo yang tidak akan mempermasalahkan penundaan penetapan anggota dewan terpilih. (Pur)

Read previous post:
ilustrasi
Mencuri Barang Teman

BERGAUL dengan teman haruslah selektif. Sebab, bisa jadi mengaku teman namun kelakuannya sangat merugikan. Agaknya, hal itu kurang dipahami Luki

Close