JELANG LEBARAN BELUM DIPERBAIKI – Puluhan LPJU di Jalan Nasional Mati

Dishub baru memiliki satu skylift yang sudah beroperasi sejak 7 tahun silam. (MERAPI-RIZA MARZUKI)
Ilustrasi

WONOSARI (MERAPI) – Lampu Penerangan Jalan untuk Umum (LPJU) di ruas jalan nasional Yogja-Wonosari Kabupaten Gunungkidul yang mati sejak beberapa bulan lalu, hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun ini belum diperbaiki. Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Gunungkidul mencatat jumlah lampu yang mati berada dikawasan rawan dan terbanyak di ruas jalan Bunder, Patuk dan berada di sekitar hutan yang termasuk kategori rawan kecelakaan dan kejahatan.

“Perbaikan LPJU tersebut merupakan kewenangan Satuan Kerja (Satker) Kementrian Perhubungan Balai Pengawas Transportasi Darat (BPTD),” kata Kepala Bidang PJU dan Perparkiran Dishub Gunungkidul, Ely Siswanta, Rabu (14/5).

Dengan sejumlah lampu yang mati, pihaknya saat ini sudah menghubungi dinas perhubungan DIY dan masih menunggu jawaban, yang konon bahwa pengerjaan dan perbaikan LPJU ini akan dilakukan usai pelelangan selesai. Saat ini sedang dalam proses persiapan pelelangan dan setelah lelang pengerjaan selesai baru bisa dilakukan perbaikan. Namun begitu, pihaknya akan turun tangan jika tidak kunjung ada perbaikan. Mengingat beberapa waktu kedepan, penerangan jalan menjadi hal yang sangat penting karena arus mudik lebaran akan segera tiba.

“Jika H-7 lebaran belum ada perbaikan, kita akan turun tangan dengan menggunakan material yang kita punya,” imbuhnya.

Dijelaskan bahwa saat ini Dishub Gunungkidul juga sedang mengerjakan penerangan jalan di beberapa ruas jalan kabupaten. Pihaknya meminta masyarakat untuk aktif melaporkan jika ada temuan gangguan penerangan jalan. “Kami buka layanan, kalau ada yang rusak dan menjadi kewenangan kami akan kita perbaiki segera,” pungkasnya.

Sebelumnya beberapa warga pengguna jalan mengeluhkan banyaknya LPJU di sepanujang jalan nasional banyak yang mati dan terbanyak di ruas jalan sekitar Hutan Bunder.Terkait molornya jadwal perbaikan dari pemerintah ini mereka berharap agar segera dilakukan perbaikan. Mengingat di ruas jalan tersebut termasukkategorirawan kecelakaan maupun gangguan criminal.

“Kita berharappemerintah segera turun tangan untuk memperbaiki LPJU yang rusak,” pinta Rendy Kusuma (35) warga Kecamatan Wonosari. (Pur)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Kondisi rumah mbah Kasmijah hasil bantuan Noto Projo. (Foto/ Alwi Alaydrus)
Bulan Puasa mBah Kasmijah Dapat Rumah

PATI (MERAPI) - Rezeki tidak akan tertukar. Itulah hal yang dirasakan mBok Kasmijah (66). Warga dukuh Pesanggrahan Kecamatan Sukolilo, tepat

Close