RAZIA POLRES GUNUNGKIDUL: Ratusan Botol Minuman Keras Diamankan

MERAPI-BAMBANG PURWANTO Razia miras Polres Gunungkidul.
MERAPI-BAMBANG PURWANTO
Razia miras Polres Gunungkidul.

WONOSARI (MERAPI) – Mejelang pelaksanaan Pemilu 2019 Kepolisian Resor Gunungkidul terus berupaya untuk menciptakan situasi aman, agar terbebas dari gangguan kamtibmas selama menjelang dan setelah Pileg dan Pilpres. Dalam dua hari ini polisi merazia peredaran minuman keras (Miras) di beberapa sejumlah titik dan berhasil mengamankan ratusan botol, Rabu (10/4).

“Barang bukti sudah kami amankan dan penjualnya sudah kami periksa untuk diajukan dalam sidang tindak pidana ringan di Pengadilan Negeri,”kata Kasatresnarkoba Polres Gunungkidul, Polda DIY AKP Tri Wibowo SH.
Kegiatan razia tersebut dilakukan oleh jajaran Satresnarkoba sebagai bentuk upaya antisipasi adanya penyalah gunaan minuman keras menjelang Pemilu 2019. Tidak menutup kemungkinan basis masa kampanye atau masyarakat umum justru mengkonsumsi miras dan kemudian di bawah kendali dapat melakukan hal-hal yang tidak diinginkan dan berujung pada pelanggaran pidana. “Ada beberapa tempat yang disisir petugas dan ternyata jumlah yang diamankan cukup banyak,” imbuhnya.

Adapun miras yang berhasil diamankan terdiri dari 33 botol minuman jenis anggur merah, 21 anggur kolesom dan satu botol jenis Ciu dari penjual di Desa Jatiayu, Kecamatan Karangmojo. Kemudian di Desa Sidorejo, Kecamatan Ponjong petugas berhasil mengangkut 12 botol anggur kolesom dan 6 botol anggur merah.Untuk tempat lain di Kecamatan Ponjong didapatkan 15 botol anggur kolesom, 2 anggur merah, dan 7 botol dan puluhan botol miras dari merek dan dalambentuk kemasan pabrik.

Seluruh temuan tersebut langsung diaamankan petugas kepolisian yang dipimpin langsung oleh Kasat Resnarkoba AKP Tri Wibowo SH . Sedangkan menyangkut pemeriksaan terhadap para pemiliki dan penjualnya kini terus dilakukan. Puluhan botol miras yang telah diamankan akan menjadi barang bukti proses lanjutan dalam sidang tindak pidana ringan, pasalnya para pemilik telah melanggar Peraturan Daerah Kabupaten Gunungkidul nomor 4 tahun 2010 tentang minuman beralkohol. “Mereka akan kita ajukan dalam sidang pelanggaran tindak pidana ringan agar ada efek jera,” ucapnya.

Ditambahkan Kasubag Humas Polres Gunungkidul Iptu Enny Nur, razia kepolisian selamamenjelang dan setelah pemilu ini tidak hanya mengarah pada minuman keras, melainkan barang-barang lain seperti senjata tajam atau narkoba maupun barang berbahaya lain akan menjadi target operasi kepolisian. Bahkan patroli di tempat-tempat yang sekiranya berpotensi terjadi kericuhan, kejahatan atau kegiatan juga lebih ditingkatkan kembali. (Pur)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
MERAPI –TRI DARMIYATI Komisioner Bawaslu DIY saat memberikan paparan menjelang pemungutan suara.
Marak Gesekan, Kerawanan Pemilu di Yogya Meningkat

UMBULHARJO (MERAPI)- Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) 2019 di DIY berada di peringkat kedua secara nasional dengan skor 52,67. Penyumbang skor

Close