DILUNCURKAN POLRES GUNUNGKIDUL – 2 Aplikasi Pelayanan SIM dan Kehilangan Barang

MERAPI-BAMBANG PURWANTO Peluncuran aplikasi SIM dan Kehilangan barang Polres Gunungkidul.
MERAPI-BAMBANG PURWANTO Peluncuran aplikasi SIM dan Kehilangan barang Polres Gunungkidul.

WONOSARI (MERAPI) – Polres Gunungkidul Polda DIY kembali meluncurkan aplikasi berbasis internet untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat. Untuk aplikasi pertama, yakni menyangkut laporan kehilangan barang (LKB) secara online. Selain LKB online, terobosan lain juga dilakukan Satlantas Polres Gunungkidul terkait dengan notifikasi waktu perpanjangan SIM. Masyarakat dapat menerima notifikasi tersebut 10 hari sebelum masa berlakunya habis.

“Saat ini tinggal mengklik spktpolresgunungkidul.com nanti akan ada pilihan, barang apa yang hilang atau apa yang perlu dilaporan ke polisi sudah ada semua berikut persyaratannya,” kata Kapolres AKBP Ahmad Fuadi SH SIk, Senin (25/3).

Dengan adanya aplikasi ini, maka diharapkan masyarakat bisa semakin mudah dalam membuat laporan kepada kepolisian. Dengan adanya LKB online tersebut dapat mempersingkat waktu, terlebih kondisi geografis di Gunungkidul memiliki wilayah yang cukup luas sehingga banyak warga yang sering terkendala banyak hal dan biaya untuk untuk membuat laporan, lantaran rumah tinggalnya jauh dari pusat pelayanan kepolisian. Dengan adanya kemudahan melalui aplikasi melalui perangkat teknologi ini diharapkan tidak ada lagi kasus warga yang jauh-jauh dari Girisubo untuk mengurus surat kehilangan dengan banyak kendala.

“Kebijakan seperti ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan dan kemudahan kepada masyarakat,” imbuhnya.

Selain LKB online, terobosan lain juga dilakukan oleh Satlantas Polres Gunungkidul. Layanan ini terkait dengan notifikasi waktu perpanjangan SIM. Masyarakat dapat menerima notifikasi tersebut 10 hari sebelum masa berlakunya habis. Dengan adanya peringatan ini, warga masyarakat bisa segera melakukan perpanjangan. Selama ini banyak terjadi masyarakat yang terlupa dengan masa berlaku SIMnya sehingga kemudian sampai harus membuat SIM baru lagi. Namanya ELING SIM dan masyarakat bisa mendaftarkannya melalui layanan aplikasi online dengan mengklik http://satlantasgunungkidul.com/elingsim/ dan data-data kemudian di masukan ke kolom-kolom yang tersedia untuk mendaftarkannya.

Dengan adanya ELING SIM ini, Kapolres berharap masyarakat tidak lagi terlambat dalam melakukan perpanjangan SIM. Sehingga mereka tidak lagi terkendala dalam mengurus pembuatan SIM baru.

“Aplikasi ini baru pertama kali di DIY dan Polres Gunungkidul patut berbangga bisa meningkatan dan memudahkan masyarakat dalam bidang pelayanan,” terangnya.(Pur)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Sandra Ditemukan Tergantung di Kamar

TEMANGGUNG (MERAPI) - Alfana Sandra Damayanti (22) ditemukan meninggal tergantung di kamar rumahnya di Dusun Winong Rt 3 Rw 6

Close