TERDAMPAK BANJIR DI GUNUNGKIDUL – Kunjungan Wisatawan Turun 30 Persen

Pengunjung berada di kawasan wisata Pantai Kesirat, Girikarto, Panggang, Gunungkidul, Selasa (6/2). Pantai Kesirat yang berlokasi di sisi barat Kabupaten Gunungkidul itu merupakan salah satu destinasi wisata yang masih alami dan belum banyak terjamah oleh wisatawan. (MERAPI-ANTARA FOTO/ANDREAS FITRI ATMOKO)
Ilustrasi pantai di Gunungkidul

WONOSARI (MERAPI) – Dampak bencana banjir yang melanda sejumlah kawasan objek wisata Kabupaten Gunungkidul, berpengaruh terhadap sektor pariwisata. Dinas Pariwisata mencatat terjadi penurunan jumlah wisatawan hingga 25-30 persen dari kondisi normal. “Dalam bulan ini terjadi dua kali banjir yang menyebabkan fasilitas wisata terkena dampak. Akibatnya tingkat kunjungan wisata menurun signifikan,” kata Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Harry Sukmono, Minggu (24/3).

Dari sejumlah pantai terdampak banjir, Pantai Baron, Tanjungsari dan Pantai Ngrenehan Kecamatan Saptosari tercatap paling parah. Karena itu diperkirakan juga sangat berpengaruh terhadap kunjungan wisata. Terkait dengan kerusakan fasilitas kini terus diperbaiki baik melalui dana bencana alam dan diusulkan untuk tahun anggaran mendatang. Selain karena terdampak bencana, munurunnya jumlah wisatawan juga disebabkan faktor cuaca. Dalam beberapa hari ke depan intensitas curah hujannya tinggi dan menjadi penyebab menurunnya jumlah wisatawan baik kawasan pantai msupun obewis minat khusus seperti Gunung api purba dan Goa pindul maupun air terjun Srigetuk.

Akibat terdampk banjir dua objek wisata terpaksa ditutup yaitu objek wisata Kalisuci dan Goa Jomblang yang terletak di Pacarejo, Semanu. Dua objek wisata tersebut harus ditutup lantaran air meluap. Saat ini sudah surut tinggal dilakukan pembersihan oleh warga sekitar.

Selain dua objek wisata tersebut ada beberapa objek wisata yang terkena dampak banjir seperti di Pantai Ngrenehan, pantai Drini, Pantai Baron, dan Pantai Kukup.

“Pantai Ngrenehan, pantai Drini, Pantai Baron, dan Pantai Kukup juga terdampak banjir dan ini sangat mempengaruhi jumlah kunjungan,” ucapnya.

Sementara itu, salah seorang pedagang di Pantai Drini Ny Suharti mengaku sejak terjadi bencana banjir mulai sepi wisatawan. Bahkan tingkat penurunannya mencapai lebih dari 50 persen khususnya yang berkunjung ke Pantai Drini.”” Kita berharap kondisi cuaca bersahabat dan kunjungan wisatawan kembali pulih” tutupnya. (Pur)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
189 Personel Polisi Amankan Kegiatan Kampanye

PURWOREJO (MEAPI) – Sebanyak 189 anggota polisi dari jajaran Polres Purworejo disiagakan untuk pengamanan kegiatan kampanye terbuka Pemilu 2019 di

Close