HUJAN DAN ANGIN KENCANG TERJANG 3 KECAMATAN – Jalan Perbatasan Gunungkidul-Klaten Macet

MERAPI-DOK POSEK SEMIN Pohon tumbang di Semin Jl Gunungkidul-Jawa Tengah macet.
MERAPI-DOK POSEK SEMIN
Pohon tumbang di Semin Jl Gunungkidul-Jawa Tengah macet.

SEMIN (MERAPI) – Hujan deras disertai angin kencang menerjang Kecamatan Semin, Gunungkidul, menyebabkan puluhan pohon tumbang dan lima pohon di antaranya menutup jalan Karangmojo-Semin, tepatnya di ruas jalan Kalitekuk, Semin, Selasa (12/3). Tumbangnya sejumlah pohon tersebut menyebabkan arus lalu-lintas kedua arah menuju wilayah perbatasan Gunungkidul-Klaten dan Sukoharjo, Jawa Tengah macet total lebih dari satu jam.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, tetapi banyak rumah mengalami kerusakan ringan akibat bagian genteng tersapu angina,” kata Kasi Humas Polsek Semin, Polres Gunungkidul Aiptu Sukasno Rabu (13/3).

Informasi di lokasi kejadian menyatakan, peristiwa berawal saat hujan deras di sertai angin di Kecamatan Karangmojo, Semin, dan Kecamatan Nglipar. Tak berselang lama hujan disertai angina kencang dan petir. Warga yang mengetahui dalam keadaan bahaya langsung menyelamatkan diri di tempat-tempat yang aman. Dari informasi warga saat hujan deras terjadi bencana angin cukup besar menerjang Desa Kalitekuk, Semin dan Dusun Candi, Jatiayu Kecamatan Karangmojo. Akibat kejadian itu puluhah pohon tumbang dan lima pohon diantaranya berada di ruas jalan utama Kabupaten Gunungkidul menuju wilayah perbatasan Gunungkidul dengan Kabupaten Klaten dan Sukoharjo, Jawa Tengah.

“Beruntung saat kejadian arus lalu-lintas tidak sedang padat sehingga korban jiwa bisa dicegah,” imbuhnya.

Selain menyebabkan arus lalu-lintas macet, dampak terjadinya pohon tumbang juga menimpa jaringan listrik sehingga beberapa desa di Kecamatan Karangmojo maupun di Kecamatan Semin mengalami pamadaman listrik. Untuk pohon berukuran besar yang tumbang di jalan raya yakni di ruas jalan Kalialang, Desa Kalitekuk, Kecamatan Semin, posisi pohon merintangi jalan dan mengakibatkan Jl. Semin-Karangmojo tidak bisa dilewati. Selain itu pohon Sambi yang terletak di Alas Baon, Dusun Gebang, Desa Kalitekuk juga roboh menutup Jl. Semin – Karangmojo, Gunungkidul.

“Proses evakuasi dilakukan warga dibantu polisi dan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),” ucapnya.

Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul Edy Basuki MSi ketika dihubungi membenarkan kejadian tersebut dan meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan. Dalam seminggu ke depan intensitas hujan berdasarkan informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) cukup tinggi dan berpotensi menimbulkan bencana longsor, banjir dan angina. Karena itu kewaspadaan perlu dilakukan terutama bagi warga yang berkumim di wilayah rawan bencana.

“Dari data curah hujan terbanyak saat ini terjadi di zoa utara Gunungkidul Semin, Nglipar, Gedangsari, Ngawen dan Patuk yang berdasarkan pemetaan dinyatakan sebagai kawasan rawan bencana longsor dan banjir,” terangnya.(Pur)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Desa Wisata Flory Kian Mantap Dikunjungi

DESA wisata (Dewi) Flory baru dirintis sekitar dua tahun lalu. Meski masih ‘balita,’ namun perkembangannya cukup pesat, sarana dan prasarananya

Close