DAMPAK KEKERINGAN – Tanaman Tembakau Terancam Gagal Panen

 MERAPI-BAMBANG PURWANTO Tanaman tembakau terdampak kekeringan di Desa Wareng.

MERAPI-BAMBANG PURWANTO
Tanaman tembakau terdampak kekeringan di Desa Wareng.

WONOSARI (MERAPI) – Dampak kekeringan akibat pasokan air saat musim kemarau kian menipis, membuat hasil panen tembakau di Desa Wareng, Wonosari, Gunungkidul tidak maksimal, bahkan terancam gagal panen. Hasil panen sebagian petani saat ini jauh dari harapan dan jauh dari standar kualitas. “Kemarau tahun ini jauh lebih panjang dan berdampak parah pertumbuhan tanaman budidaya termasuk tembakau dibanding tahun-tahun sebelumnya,” kata Ny Tayem (58) petani tembakau Desa Wareng, Wonosari, Selasa (28/8).

Dampak terjadinya kemarau panjang berbagai jenis tanah di lahan sawah tadah hujan dan ladang muncul tanah-tanah merekah, hingga menyebabkan sejumlah tanaman termasuk yang tahan air layu. Untuk tanaman tembakau yang baik seharusnya memiliki ciri daun yang lebarnya sama, sedangkan tahun ini lantaran ketersediaan air menipis pertumbuhannnya kurang baik. Daun di bagian bawah (kapalan) seharusnya lebih lebar dan semakin ke atas mengecil. Tapi sekarang ini sangat jauh dari indikator daun tembakau berkualitas baik.

“Meski demikian kami masih bersyukur karena dengan sumur yang kami miliki, lahan tembakaunya masih bisa tertolong, meskipun secara produiktifitasnya turun darisebelumnya,”imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Wareng, Bambang Sukoco membenarkan masalahan krisis air yang menimpa lahan pertanian tembakau di desanya.Petani tembakau saat ini terus berupaya dengan mengoptimalkan sumber air seperti di embung Wareng dan sejumlah sumur bor. Desa Wareng ini dikenal sebagai penaghasil tembakau terbaik di Kabupaten Gunungkidul dan dalam beberapa tahun hasil budidaya tanaman tembakau ini banyak dijual ke luar daerah termasuk pabrik rokok. “Lantaran kualitasnya kurang baik hasil produksi tanaman tembakau hanya dijual dipasar lokal dengan harga yang jauh daro harapan,” terangnya. (Pur)

Read previous post:
PELAKU LANGSUNG BERHASIL DIBEKUK- Demi Rampas Dompet, Penjahat Bunuh Sales

  SEMARANG (MERAPI)- Seorang sales pakan burung, Kasim Riyadi (40) warga Desa Bantar, Mandireja, Banjarnegara tewas dibunuh penjahat yang merampas

Close