OKTOBER DI GUNUNGKIDUL – 30 Desa Gelar Pilkades Serentak

WONOSARI (MERAPI) – Sebanyak 30 desa di Kabupaten Gunungkidul akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak dan proses dan tahapan pilkades tersebut dimulai mulai bulan Agustus 2018 ini. Berbagai persiapan mulai dilakukan dari pendaftaran bakal calon Kades yang dilaksanakan 5-13 Agustus 2018. Untuk pelaksanaan pilkades serentak ini akan menelan dana stimulan sebesar Rp 2,3 miliar berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Gunungkidul tahun anggaran 2018.

“Jumlah dana masing-masing desa tidak sama antara Rp 30 sampai Rp 50 juta,” kata Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Farhan, Jumat (10/8).

Pertimbangan besaran dana stimulan tersebut bergatung dari banyaknya dusun di masing-masing desa. Selain itu juga banyaknya TPS juga berpengaruh terhadap besaran anggaran pilkades yang akan diterimanya untuk masing-masing desa. Ke-30 desa yang nantinya akan mengikuti pilkades serentak meliputi 16 kecamatan dan hanya kecamatan Girisubo dan Tepus yang tidak ikut dalam pemilihan kepala desa tahun 2018 ini.

”Dari 18 kecamatan yang ada di Gunungkidul dua kecamatan Tepus dan Girisubo tidak melaksanakan pilkades,” imbuhnya.

Untuk Kecamatan Playen menjadi kecamatan terbanyak dalam menggelar Pilkades ini yakni di Desa Ngawu, Ngunut, Dengok, Logandeng, dan Desa Bandung.Kecamatan Saptosari di Desa Jetis, Kanigoro, Kepek dan Monggol dan di Kecamatan Ngawen ada 3 desa. Pada Tanggal 13 Agustus 2018 mendatang pendaftaran akan ditutup dan dilanjutkan tahap verifikasi data dan pada bulan Oktober mendatang pilkades dilaksanakan secara serentak. Ia berharap pada pilkades serentak tahun 2018 ini dapat berjalan lancar terlaksana secara demokratis berkeadilan, jujur dan terbebas dari pelanggaran dan gangguan. (Pur)

Read previous post:
IMUNISASI MEASLES RUBELLA – Diargetkan untuk 61.611 Anak

WONOSARI (MERAPI) - Pro dan kontra tentang imunisasi Measles Rubella (MR) tidak berdampak di Kabupaten Gunungkidul. Sejumlah anak Sekolah Dasar

Close