Semarak Pesta Retail Yogyakarta, SRC rangkul seribu toko kelontong di DIY dan Jateng

- Minggu, 27 November 2022 | 17:00 WIB
SRCIS menggelar Pesta Retail Yogyakarta sebuah apresiasi bagi toko kelontong SRC di Stadion Kridosono pada Sabtu (26/11/2022).  (Dok. SRCIS)
SRCIS menggelar Pesta Retail Yogyakarta sebuah apresiasi bagi toko kelontong SRC di Stadion Kridosono pada Sabtu (26/11/2022). (Dok. SRCIS)

HARIAN MERAPI - PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna) melalui PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) menggelar Pesta Retail Yogyakarta di Stadion Kridosono, Sabtu (26/11/2022).

Acara untuk merayakan kesuksesan toko kelontong Sampoerna Retail Community (SRC) ini merupakan bagian dari rangkaian Pesta Retail terbesar di Indonesia yang digelar mulai 26 November hingga 18 Desember 2022.

SRCIS secara konsisten mendukung transformasi dan digitalisasi bagi UMKM toko kelontong SRC. Upaya ini terbukti memberikan dampak positif khususnya dalam menggerakkan perekonomian dan meningkatkan kontribusi sektor UMKM.

Baca Juga: Jadwal event di Jogja dan sekitarnya, ada yang gratis dengan penampilan musisi lokal ternama

Kini, terdapat lebih dari 225.000 toko kelontong tradisional di seluruh Indonesia yang telah bergabung dengan SRC dan mendapatkan pembinaan untuk mengembangkan usahanya agar lebih berdaya saing.

Pesta Retail Yogyakarta dibuka oleh KPH Purbodiningrat melalui prosesi memukulan gong yang dilanjutan dengan pengukuhan KPH Purbodiningrat sebagai pembina dan pengayom kehormatan paguyuban SRC Yogyakarta.

Selaras dengan hal tersebut KPH Purbodiningrat memberikan dukungan sepenuhnya bagi kemajuan toko kelontong Indonesia, khususnya di Yogyakarta.

Baca Juga: Alasan Sophia Latjuba sangat menyukai Kartu Kredit Jenius Visa yang diluncurkan Bank BTPN

“Saya senang dan bangga menjadi pembina dan Pengayom SRC Yogyakarta, saya melihat ini adalah inisiasi yang sangat baik sekali dari Sampoerna, dimana distribusi dapat dilakukan dengan masif untuk semua kebutuhan, khususnya produk UMKM dengan adanya Pojok Lokal di setiap SRC,” kata KPH Purbodiningrat.

Head of Zone Central Java Sampoerna, Ronald Dwicahya turut memberikan apresiasi kepada semua peserta SRC dari Madiun, Surakarta, Salatiga, Magelang, Purwokerto, dan Yogyakarta yang hadir dengan penuh antusias.

“Saat ini jumlah SRC di Indonesia sudah mencapai lebih dari 225 ribu toko, di mana jumlah ini merupakan jaringan toko retail terbesar di dunia. Terpenting ini adalah salah satu bentuk kepedulian Sampoerna untuk memajukan UMKM di Indonesia,” ujar Ronald.

Baca Juga: Bank Mandiri salurkan bantuan untuk korban gempa Cianjur

Sebelumnya, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia telah menyebutkan bahwa UMKM berkontribusi besar terhadap perekonomian nasional. Sektor ini berkontribusi hingga 60,5% terhadap produk domestik bruto (PDB), serta memiliki kemampuan untuk menyerap 96,9% dari total angkatan kerja nasional.

Direktur Penjualan PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) Ivan Cahyadi mengatakan, selama lebih dari 14 tahun eksis di Indonesia, Toko Kelontong SRC membawa transformasi yang progresif pada sektor UMKM nasional sehingga dapat secara konsisten berkontribusi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi.

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pay Changer jajaki pasar di Indonesia

Senin, 23 Januari 2023 | 08:00 WIB
X