• Rabu, 30 November 2022

Pelatihan ecoprint bagi penyandang disabilitas bisa tingkatkan skill hingga rasa percaya diri

- Senin, 3 Oktober 2022 | 10:30 WIB
Tahapan pelatihan ecoprint bagi penyandang disabilitas yang diprakarsai KSR PMI UMY.   (Foto: Dok BHP UMY   )
Tahapan pelatihan ecoprint bagi penyandang disabilitas yang diprakarsai KSR PMI UMY. (Foto: Dok BHP UMY )


HARIAN MERAPI – Ecoprint dikenal sebagai teknik memberi pola pada bahan atau kain dengan menggunakan bahan alami seperti daun dan bunga.

Berbagai pihak berusaha mengenalkan maupun menggelar pelatihan ecoprint, antara lain karena tak rumit dikerjakan serta ada keunggulan-keunggulan lain.

Korps Sukarelawan Palang Merah Indonesia (KSR PMI) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pun, baru-baru ini, memprakarsai pelatihan ecoprint.

Baca Juga: Jaring aspirasi masyarakat, anggota DPRD Bantul Rony Wijaya prioritaskan pembangunan fisik, perbaikan ekonomi

Peserta pelatihan, yakni penyandang disabilitas di Panggungharjo, Sewon, Bantul. Segenap panitia berharap pelatihan ini memberikan banyak manfaat.

“Kaum difabel harus kita bantu dan kita perhatikan, caranya dengan membantu mereka berdaya dan mandiri,” ungkap Ketua Panitia Pelatihan Ecoprint Bagi Penyandang Disabilitas di Panggungharjo, M.Rizal.

Alasan lain dipilihnya kaum difabel untuk ikut pelatihan ecoprint, sebut Rizal, karena melihat potensi alam di Jogja sangat mendukung, misalnya banyak bagian dari tumbuhan cocok sebagai bahan ecoprint.

Baca Juga: Awas kena tilang elektronik ETLE dalam Operasi Zebra yang digelar 3-16 Oktober 2022

“Selain sumber kekayaan alam di Jogja yang melimpah sebagai bahan bakunya, ecoprint juga mudah dibuat oleh teman-teman difabel dan punya nilai ekonomi yang menjanjikan,” urai Rizal.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X