• Selasa, 6 Desember 2022

Peserta BI-Fast terus bertambah, kini mencapai 77 bank, diharapkan penuhi kebutuhan masyarakat

- Senin, 29 Agustus 2022 | 11:30 WIB
Warga bertransaksi melalui anjungan tunai mandiri (ATM) di Jakarta, Selasa (21/12/2021). Bank Indonesia secara resmi meluncurkan BI-Fast Payment yang membuat skema harga transfer antar bank turun menjadi Rp2.500  (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Warga bertransaksi melalui anjungan tunai mandiri (ATM) di Jakarta, Selasa (21/12/2021). Bank Indonesia secara resmi meluncurkan BI-Fast Payment yang membuat skema harga transfer antar bank turun menjadi Rp2.500 (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)


HARIAN MERAPI - Bank yang bergabung dengan BI-Fast terus bertambah. Berdasar catatan Bank Indonesia, sebanyak 25 bank masuk sebagai peserta gelombang keempat BI-FAST.


Dengan bertambahnya bank yang bergabung, maka total peserta BI-FAST berjumlah 77 bank.


Dari jumlah tersebut, 85 persen mewakili pangsa sistem pembayaran ritel nasional.

Baca Juga: Satria Muda Jakarta juara IBL 2022


"Hal tersebut merupakan hasil dari komitmen BI dalam mendorong akselerasi ekonomi dan keuangan digital yaitu melalui perluasan peserta BI-FAST," kata Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono di Jakarta, Senin.

BI-FAST sendiri merupakan infrastruktur sistem pembayaran yang disediakan oleh BI dan dapat diakses melalui aplikasi yang disediakan industri sistem pembayaran untuk memfasilitasi transaksi pembayaran ritel masyarakat.

Implementasi BI-FAST oleh peserta kepada nasabah akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan strategi dan rencana peserta dalam mempersiapkan kanal pembayaran bagi masing-masing nasabah.

Baca Juga: Kejagung beberkan perkembangan berkas perkara Ferdy Sambo hari ini

Dalam gelombang ke-4 ini, BI juga menambah layanan kebanksentralan melalui BI-FAST untuk mendukung pelaksanaan tugas Bank Indonesia di bidang moneter, makroprudensial serta sistem pembayaran dan pengelolaan uang Rupiah.

 

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X