• Rabu, 5 Oktober 2022

Terbukti mampu jadi penyelamat ekonomi saat krisis, negara punya kewajiban dalam pemberdayaan UMKM

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 12:51 WIB
Ketua DPRD Temanggung Yunianto saat apel UMKM di Temanggung (Foto: Arif Zaini Arrosyd)
Ketua DPRD Temanggung Yunianto saat apel UMKM di Temanggung (Foto: Arif Zaini Arrosyd)

Harianmerapi.com - Ketua DPRD Kabupaten Temanggung Yunianto mengatakan negara punya kewajiban dalam pemberdayaan masyarakat dengan usaha menengah kecil mikro atau UMKM.

Sebab, sejarah membuktikan UMKM, mampu bertahan dan menjadi penyelamat perekonomian di tengah krisis ekonomi seperti di tahun 1997-1998.

"Sejarah berulang, pada pandemi Covid-19, perekonomian di sektor UMKM masih bertahan dan terus bergerak," kata Yunianto, Sabtu (13/8/2022).

Yunianto menyampaikan hal tersebut terkait peringatan Hari UMKM Nasional Tahun 2022 dan Peluncuran Tagar #UMKMTemanggung.

Dia mengatakan harapan UMKM terus tumbuh dan berkembang dan dapat menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi sekaligus menjawab permasalahan penyerapan tenaga kerja dan penyelamat ekonomi nasional di tengah kondisi pandemi Covid 19.

Baca Juga: Pemkot Salatiga ‘manjakan’ UMKM, Kurda Rp 2 miliar subsidi bunga dikucurkan perkuat perekonomian

Dia menyampaikan UMKM memiliki peran penting terhadap perekonomian Indonesia karena mampu menyerap 97 persen tenaga kerja nasional dan berkontribusi sebesar 60 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional.

Di Temanggung, kata dia, DPRD terus mendukung usaha pemkab dalam pengembangan kewirausahaan melalui UMKM, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sedangkan apel Peringatan Hari UMKM Nasional Tahun 2022 di Temanggung dilaksanakan pada Jumat (12/8/2022) di Alun Alun Temanggung.

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X