• Selasa, 7 Desember 2021

Setelah Stop Ekspor Nikel Mentah dan Digugat Uni Eropa, Jokowi Minta Ekspor Bauksit Dihentikan Tahun Depan

- Kamis, 25 November 2021 | 13:40 WIB
 Presiden Jokowi pada sambutan Pertemuan Tahunan Bank Indonesia, Rabu (24/11/2021).    (Tangkapan layan pertemuan tahunan BI.)
Presiden Jokowi pada sambutan Pertemuan Tahunan Bank Indonesia, Rabu (24/11/2021). (Tangkapan layan pertemuan tahunan BI.)

JOGJA, harianmerapi.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengatakan rencana penghentian ekspor bauksit, tembaga dan timah setelah sebelumnya melakukan penghentian ekspor nikel mentah.

Jokowi menegaskan ke depan, pemerintah Indonesia tidak akan ekspor bahan mentah. Pasalnya apabila bahan mentah diolah terlebih dahulu maka akan menaikkan nilai jual.

"Tidak boleh lagi namanya ekspor bahan-bahan mentah, raw material. Ini stop, udah stop, mulai dari nikel. Mungkin tahun depan itung-itungan stop ekspor bauksit. Tahun depannya lagi stop tembaga, tahun depan lagi stop timah," tandas Jokowi dalam sambutan Pertemuan Tahunan Bank Indonesia, Rabu (24/11/2021).

Baca Juga: Masyarakat Digital Savvy Diajak Berkreasi dan Berekreasi Lewat Jenius Co.Creation Week 2021

Sebelumnya, pemerintah telah menghentikan ekspor nikel mentah yang kemudian berimbas pada kondisi neraca perdagangan Indonesia membaik.

"Karena stop nikel dari kira-kira 18 triliun jadi lompat 280 triliun. Ini memperbaiki neraca dagang kita, memperbaiki neraca pembayaran, neraca transaksi berjalan akan lebih baik," jelas Jokowi.

Apabila ekspor bauksit dilakukan, maka neraca perdagangan Indonesia akan melompat tinggi sama halnya ketika ekspor nikel mental dihentikan.

Baca Juga: Bocoran Ikatan Cinta 25 November, Detik-detik Rendy Telepon Katrin: Saya Melamar Kamu dengan Kesungguhan Hati

"Kalau nanti bauksit distop, nilainya akan kurang lebih sama, akan melompat ke angka-angka kurang lebih 20-23 miliar US Dollar. Satu, dua, tiga, empat komoditas bayangkan diindustrialisasikan, dihilirisasikan di negara kita meskipun kita memang digugat WTO, gak masalah," papar Jokowi.*

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harbokir JNE Kembali Digelar, Catat Tanggalnya

Jumat, 26 November 2021 | 09:32 WIB
X