• Jumat, 21 Januari 2022

Jaringan 4G XL Axiata Jangkau 95 Persen Desa di Cirebon Raya

- Jumat, 29 Oktober 2021 | 10:27 WIB
Teknisi sedang melakukan pemeliharaan perangkat BTS 4G milik XL Axiata di atas tower Kelurahan Babakangebang, Babakan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, belum lama ini.  (Dok XL Axiata)
Teknisi sedang melakukan pemeliharaan perangkat BTS 4G milik XL Axiata di atas tower Kelurahan Babakangebang, Babakan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, belum lama ini. (Dok XL Axiata)

CIREBON, harianmerpi.com - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) kebut ketersediaan jaringan 4G di lima wilayah kota/kabupatan di Cirebon Raya, Jawa Barat.

Di area yang juga dikenal dengan sebutan Ciayumajakuning (Kota dan Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka, hingga Kuningan) tersebut, saat ini jaringan 4G XL Axiata telah menjangkau 95 persen dari total 1.343 desa yang ada, dengan mengoperasikan lebih dari 1.300 BTS 4G.

Group Head Central Region XL Axiata, Bambang Parikesit, Kamis (28/10/2021) mengatakan, Cirebon Raya menjadi salah satu wilayah yang menjadi perhatian utama di Jawa Barat karena menyimpan potensi ekonomi yang besar.

Baca Juga: Telkomsat Gandeng Thales Alenia Space Bangun Satelit untuk Indonesia

"Karena itu, XL Axiata akan terus memperkuat jaringan 4G di area ini agar bisa turut mendorong peningkatan literasi digital bagi masyarakat yang bermukim hingga desa-desa pelosok," ujarnya.

Menurut Bambang, dari total 1.343 desa di lima kota/kabupaten tersebut, jaringan 4G XL Axiata sudah tersedia di sekitar 1.300 desa. Sebanyak 60 desa di antaranya merupakan area yang baru terjangkau dalam dua tahun terakhir.

Perluasan akan terus XL Axiata lakukan hingga menjangkau sebagian besar desa yang ada. Selain itu, peningkatan kualitas jaringan juga terus dilakukan untuk area yang sebelumnya sudah terlayani dan mengalami peningkatan trafik penggunaan internet.

Peningkatan kualitas jaringan antara lain dilakukan melalui fiberisasi ke semua BTS. Fiberisasi bertujuan antara lain meningkatkan kapasitas jaringan 4G agar kualitas data menjadi maksimal.

Baca Juga: Jadwal dan Tarif KA Kaligung Relasi Cirebon Prujakan-Semarang Poncol yang Kembali Beroperasi 4 Oktober 2021

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X